DepokNews–Yayasan Baitul Maal PLN (YBM PLN) bekerjasama dengan Wihdatul Ummah kembali melakukan sosialisasi gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bagi Siswa Sekolah Dasar Se-Jabodetabek. Kali ini, Selasa (19/11/2019) sosialisasi PHBS diadakan di Sekolah MI Miftahul Huda Kecamatan Bojongsari Kota Depok.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 WIB itu diikuti seratus siswa yang dengan semangat mengikuti rangkaian kegiatan tersebut diantaranya praktek cuci tangan dan gosok gigi secara baik dan benar.

Kepala Sekolah MI Miftahul Huda Hj. Romlah, memberikan apresiasi atas sosialisasi gerakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat yang dilakukan Yayasan Baitul Maal PLN (YBM PLN) bekerjasama dengan Wihdatul Ummah pada sekolah yang dipimpinnya.

“Saya merasakan senang dan berterima kasih atas kegiatan positif ini. Saya mewakili pihak yayasan sangat bersyuku, kegiatan seperti ini sangat bermanfaat bagi para siswa kami, kata Hj. Romlah.

Sedangkan Manager Wihdatul Ummah, Anton Hardiantoni, menjelaskan, kegiatan PHBS adalah salah satu program kegiatan di bidang kesehatan yang bertujuan memperkenalkan gaya hidup bersih dan sehat pada anak-anak sejak dini.

“Kegiatan ini akan digelar di sekolah-sekolah di wilayah Jabodetabek khususnya daerah berpenduduk menengah ke bawah, Kegiatan ini sudah yang ke 10 dari 12 lokasi dengan jumlah peserta 100 siswa persekolah” kata Anton.

Pada kegiatan ini hadir dua orang dokter yang memberikan penjelasan dan sekaligus praktek cara cuci tangan dan gosok gigi yang baik dan benar.

Dokter Sifa, salah satu dokter yang memberikan edukasi PHBS pada kegiatan tersebut menjelaskan, perilaku hidup bersih dan sehat perlu diajarkan sejak dini.

“Mencuci tangan yang benar harus dengan air yang mengalir, dengan sabun. Tekniknya telapak tangan terlebih dahulu, sela-sela jari, kemudian antara kukunya baru dibilas dengan air mengalir lalu dikeringakan dengan tissue atau kain bersih, atau tangannya diangin-anginkan,” kata dokter Sifa.

Acara ini juga didukung oleh artis yang sering tampil di TV, Qemil G4UL.

Qemil mengatakan, kegiatan sosialisasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat untuk para siswa sangat penting.

“Kegiatan ini bagus banget karena bisa mengidukasi anak-anak yang tadinya mungkin belum mengerti mengenai cara cuci tangan yang benar, sikat gigi yang benar. Nah pada kegiatan ini anak-anak diberikan penjelasan teorinya sekaligus prateknya, jadi bagus sekali untuk mengedukasi anak-anak,” kata Qemil.