DepokNews–Hari Ahad tanggal 15 November 2020, mengisi akhir pekan di pertengahan bulan November Yayasan Srigading Indonesia (SGI) kembali menggelar Webinar kali ini dengan Knowledge Sharing bertema Bahagianya Belajar Bahasa Arab.

SGI mencoba berbagi tips dari pengalaman narasumber bagaimana mempelajari bahasa Arab dengan menyenangkan dan bahagia. Sebagaimana visi SGI dalam dunia pendidikan kali ini mengangkat bahasa sebagai tema acara. Karena bahasa adalah salah satu jembatan dalam memperoleh ilmu. Mengapa kali ini SGI memilih bahasa Arab? Karena menimbang beberapa masukan dari banyak kalangan bahwa belajar bahasa Arab itu penting dan sepertinya banyak orang merasa sulit untuk menguasainya. Maka SGI berusaha mencari narasumber yang bisa memberikan wawasan bahwa belajar bahasa ini tidak lah sesulit yang kita bayangkan. Tidak menutup kemungkinan juga SGI menyelengarakan knowledge sharing untuk bahasa yang lainnya.

Mengawali acara, Ibu April Tri Rahayu S.Pd membacakan tilawah Al Qur’an dilanjutkan dengan sambutan Yayasan SGI yang diwakili oleh Ibu Fajriani Ulfa Firdaus, S.Pd sebagai wakil ketua SGI. Dalam sambutannya Ibu Ulfa menyampaikan knowledge sharing ini ditujukan untuk semua kalangan masyarakat baik bapak-bapak maupun ibu-ibu. Walaupun knowledge sharing ini tidak hanya ditujukan bagi masyarakat muslim saja, tetapi utamanya bagi muslim mempunyai kebutuhan yang sangat mendasar terhadap bahasa Arab ini, karena kitab yang dibaca berbahasa Arab. Oleh karena itu acara ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi para peserta untuk belajar bahasa Arab. Narasumber yang dihadirkan kali ini mempunyai background pendidikan umum tetapi beliau mampu menguasai bahasa Arab dengan baik. Di akhir sambutannya beliau menyampaikan “Cintailah bahasa Arab karena bahasa Arab adalah bahasa Al Qur’an dan karena bahasa Arab adalah bahasa ahli surga”.

Acara inti knowledge sharing ini dipandu langusng oleh Ibu ketua Yayasan SGI Ibu Hariyah, M.Hum. Memandu peserta yang hadir dari berbagai daerah yakni Jakarta, Bandung, Bogor, Tangerang dan Depok. Dalam kesempatan ini moderator mengenalkan narasumber Ibu Anita, S.Hum. Beliau lahir di Palembang menyelesaikan Sekolah Dasar di Madrasah Diniyah, SMP dan SMA di sekolah Negeri kemudian melanjutkan studi di FIB UI mengambil jurusan Bahasa Inggris. Background studi beliau awalnya sama sekali tidak belajar bahasa Arab tetapi karena ketertarikan beliau belajar lebih jauh maka Allah memberi jalan.

Bagaimana Ibu Anita sangat bahagia dalam mempelajari bahasa Arab, beliau menyampaikan “karena cinta”. Bagaimana bisa cinta? “karena mengenal” beliau melanjutkan. Awal dari ketertarikan pada bahasa Arab beliau implementasikan dengan cara belajar mandiri melalui terjemahan. Kemudian semakin tertarik karena bahasa Arab ini tulisannya indah, satu-satunya bahasa yang ditulis dari kanan, struktur bahasanya unik dan pengucapan huruf-hurufnya sempurna dan jelas. Ditambah lagi dengan manfaat yang bisa kita dapat saat kita bisa menguasai bahasa arab yakni: 1) ada getaran tersendiri saat membaca Al Qur’an 2) terbantu dalam memahami Al Qur’an dan terbantu saat mencoba menghafal Al Qur’an dan hadist 3) lebih merasa menyatu dengan syiar islam 4) lebih merasa menjadi bagian dari kaum muslimin dunia 5) lebih mudah berkomunikasi dengan kaum muslimin di dunia 6) kecintaan pada bahasa arab menjadikan terasa mudah untuk terus belajar.

Kecintaan beliau dalam belajar bahasa Arab ini mengantarkan Ibu Anita mendapatkan kesempatan atas izin Allah untuk belajar di Langauge University of Kuwait, mengikuti beberapa lembaga learning center bahasa Arab dan mendapat beasiswa sekolah di Ma’had al-ʻulumi al-Islamiyyah wal ‘arabiyah fi Indunisia atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Bahasa Arab (LIPIA), dalam bahasa Inggris disebut Islamic and Arabic College of Indonesia.

Di akhir paparannya Ibu Anita menyampaikan tips tahapan dalam belajar bahasa Arab:

1.      Perbanyak mendengar

2.      Mengikuti dengan drilling atau diulang-ulang

3.      Banyak membaca

4.      Mengulang dengan menulis

5.      Pilih sumber belajar yang tepat

6.      Gunakan buku yang nudah dipahami dan ada audionya

7.      Mulailah praktek dengan bergabung pada komunitas bahasa

Saat ini Ibu Anita juga mengajar bahasa Arab kepada masyarakat. Motto beliau adalah Belajar dengan mengajar, mengajar untuk belajar.

Para peserta sangat antusias mengikuti acara dan banyak pertanyaan yang diajukan antara lain terkait bagaimana menjaga konsistensi dan motivasi belajar, bagaimana cara membagi waktu antara belajar dengan tugas-tugas rumah tangga atau tugas yang lain serta tahapan-tahapan dalam belajar bahasa Arab.