DepokNews — Untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan yang tidak lama lagi akan tiba, Yayasan Giffari bekerjsama dengan Zakat Sukses Chapter Sawangan menggelar Tarhib Ramadhan.

Acara tersebut berlangsung di Masjid Ibadurrahman, Kelurahan Sawangan Lama, Kecamatan Sawangan, Ahad (6/5/2018). Acara ini dihadiri ratusan peserta dari berbagai wilayah di Kecamatan Sawangan.

Acara inti kegiatan tersebut, diisi ceramah dengan tema ‘Ramadhan momentum kebangkitan dan kemenangan umat Islam” yang disampaikan oleh Ustad H. Kodar Slamet.

Dalam ceramahnya, Ustad Kodar Slamet menjelaskan, pada masa lampau umat Islam banyak meraih kemenangan ketika berada dalam bulan suci Ramadhan dan diharapkan pada masa sekarang momen Ramadhan menjadi momen untuk kebangkitan umat Islam.

Beberapa kemenangan umat Islam pada masa lampau yang diraih pada bulan Ramadhan diantaranya: Perang Badar Al-Kubro, yaitu pertempuran yang pertama terjadi dalam sejarah Islam. Perang ini berlansung pada tanggal 17 Ramadhan tahun ke-2 Hijriyah. Fath Makkah (Penaklukan kota makkah) yang dipimpin langsung oleh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Pertempuran ini terjadi pada tanggal 10 Ramadhan tahun ke-8 Hijriyah. Ma’rakah Buwaib, yaitu pertempuran antara kaum muslimin melawan Persia di daerah Buwaib, Irak. Perang yang dipimpin oleh Mutsanna bin Haritsa ini terjadi pada bulan Ramadhan tahun 13 H, dan masih banyak lagi kemenangan yang diraih umat Islam pada bulan Ramadhan.

“Mari kita jadikan Ramadhan ini untuk meraih kemenangan dengan menjalankan ibadah puasa dan melakukan amaliah Ramadhan sesuai yang dicontohkan Rosulullah dan para Sahabat Nabi,” ajak Ustad Kodar Slamet.

Selain diisi ceramah, pada Tarhib Ramadhan ini juga diadakan kegiatan kids corner, bazaar kuliner dan berbagai kegiatan lainnya.