Wujudkan Visi Religius, Pemkot Depok Dukung Pengembangan Pesantren

Posted on 21 views

DepokNews — Sebagai kota yang salah satu visinya mengusung religiusitas, Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sangat mendukung peringatan Hari Santri Nasional (HSN) yang jatuh pada 22 Oktober kemarin. Lebih dari itu, dukungan terhadap dunia pesantren juga ditunjukkan Pemkot Depok dengan berbagai aspek yang menunjang Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) santri, seperti yang dilansir depok.go.id

Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, ia tetap mendukung pihak- pihak yang ingin menyelenggarakan peringatan HSN di lingkungan Pemkot Depok. Bahkan, jika diundang dalam acara pihaknya siap mendukung kegiatan tersebut.

“Silakan saja, kami akan dukung. Kalau ingin mengundang saya, juga bisa langsung telepon. Atau undangannya kirim melalui pesan singkat, insya Allah saya balas,” kata Mohammad Idris, kepada depok.go,id, Selasa (24/10/2017).

Mohammad Idris, yang dulu cukup lama mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren Modern Gontor Ponorogo menambahkan, dukungan pihaknya dalam kegiatan HSN tersebut karena sudah menjadi amanah dari Presiden RI Joko Widodo.

Pemkot Depok, kata Mohammad Idris, juga ingin menunjukkan dukungan HSN dengan hal-hal yang lebih konkret. Misalkan penambahan ruang belajar, beasiswa, atau pemberian sarana prasarana lainnya yang menunjang KBM.

Termasuk melibatkan pesantren dalam berbagai ajang lomba, baik tingkat kota hingga nasional. Seperti yang dilakukan pihaknya pada bulan Agustus lalu, yang mengirimkan 33 santri asal Depok untuk berlaga di ajang Pospenas 2017 di Sukabumi.

“Sekali lagi, kita sangat mendukung peringatan HSN. Namun demikian, jangan lupa substansi dari HSN, bagaimana kita semua, termasuk pemerintah di dalamnya peduli kepada santri. Bukan sebatas pelaksanaan seremoninya,” tutupnya.