Rektor Universitas Gunadarma dan Walikota Depok saat menandatangani MOU

Wujudkan Smart City Pemkot Depok Jalin Kerjasama Dengan Universitas Gunadarma

Posted on 23 views

DepokNews — Universitas Gunadarma, Universitas swasta ternama di Indonesia, yang salah satu kampunya berada di Kota Depok digandeng oleh Pemerintah Kota Depok sebagai mitra untuk mewujudkan Depok sebagai kota cerdas atau Depok smart city.

Penandatangan Memorandum of Understanding (MoU) terkait kerjasama Universitas Gunadarma-Pemkot Depok di bidang Smart City, dilakukan di aula Kampus D Universitas Gunadarma, Kamis (10/08/2017). Pada saat penandatangan tersebut sekaligus dilakukan seminar nasional smart city dengan tema ” Kolaborasi Perguruan Tinggi dan Pemerintah Daerah Mewujudkan Smart City”

Rektor Universtas Gunadarma  Prof. Dr. E.S. Margianti yang secara resmi membuka acara tersebut menerangkan, pihaknya telah lama fokus dengan implementasi smart city di Depok.”Dengan smart city, maka roda pemerintahan lebih mudah berjalan dan masyarakat juga merasakan manfaatnya. Bagaimana memperdayakan aset yang ada untuk mengatasi berbagai masalah,” katanya.

Sedangkan Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan, keberadaan perguruan tinggi di Kota Depok harus membawa dampak yang positif dalam meningkatkan kecerdasan masyarakat.

“Kami menjalin MoU dengan perguruan tinggi yang ada di Kota Depok seperti Universitas Gunadarma (UG), serta Universitas Indonesia (UI) untuk memberdayakan SDM yang berkualitas dan unggul. Hal ini yang menjadi landasan utama untuk mewujudkan suatu kota yang cerdas,” jelas Mohammad Idris.

Mohammad Idris juga menuturkan, keberadaan perguruan tinggi juga dapat terlibat dalam tim Depok Smart City. Dengan adanya tim tersebut, maka dapat berperan untuk melakukan percepatan dalam merealisasikan program Depok Smart City.

“Kebetulan ketua dari tim ini adalah Doktor Prihandoko, yang juga berasal dari kalangan akademisi di Universitas Gunadarma. Tentunya hal ini sangat positif untuk sama-sama saling berkolaborasi dalam menyukseskan program tersebut,” terangnya.

Di tempat yang sama, Ketua Tim Depok Smart City, Prihandoko menjelaskan, terdapat sembilan langkah kolaborasi yang dapat dilakukan antara perguruan tinggi dengan Pemkot Depok. Diantaranya, dengan menjalin MoU antara Pemkot dan perguruan tinggi, mendirikan Pusat Studi Smart City di setiap perguruan tinggi, serta membentuk tim Smart City.

“Kalau di Universitas Gunadarama sendiri, kami telah membentuk tim Universitas Gunadarma Center for Smart and Sustainable City  (UG-CSSC). Keberadaan tim ini diharapkan dapat menjadi langkah awal sebagai lembaga pusat studi yang mengkaji terkait Smart City di Universitas Gunadarma,” jelasnya.

Doktor Prihandoko yang juga Ketua tim UG-CSSC tersebut menambahkan, keberadaan perguruan tinggi juga harus dapat menjadi pemecah solusi terhadap berbagai permasalahan Kota. Serta melakukan berbagai penelitian yang hasilnya dapat membawa dampak yang positif bagi terwujudnya Smart City di Kota Depok.

“Hal-hal inilah yang pada akhirnya akan mendorong terciptanya koordinasi serta kolaborasi yang baik antara Pemkot bersama dengan perguruan tinggi untuk berkolaborasi dalam menyukseskan Depok Smart City,” tandasnya.

Semangat Pemerintah Kota Depok menjalin kerjasama dengan Universitas Gunadarma untuk mewujudkan smart city mendapat apresiasi dari mahasiswa, yang juga hadir sebagai peserta dalam seminar ini.

“Dengan kemajuan teknologi, pelayanan pemerintah bisa lebih cepat dan efektif, jadi masyarakat bisa merasakan langsung manfaatnya. Saya merasa senang bisa mengikuti acara seminar smart city ini,” kata Adinda, mahasiwa Universitas Gunadarma yang mengambil jurusan teknik informatika.

Pada awal acara Keetua Panitia Dr. Teddy Oswari mengucapkan terima kasih atas dukungan berbagai pihak sehingga acara tersebut bisa berlangsung.
“Terima kasih, semoga acara ini bisa secara nyata mendukung terwujudnya Depok sebagai smart city” katanya