DepokNews–Sebanyak 700 kader ramah keluarga yang terdiri dari kader Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), dan Bina Keluarga Lansia (BKL) di Kota Depok mendapatkan pembinaan dari Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK). Kegiatan yang diadakan di aula Serbaguna, gedung Dibaleka II tersebut, guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para kader dalam pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang balita dan anak.

“Kegiatan pembinaan ini terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama diikuti oleh 350 kader, dan sesi kedua juga diikuti oleh 350 kader yang berasal dari 11 kecamatan,” tutur Kepala Bidang Ketahanan Keluarga dan Keluarga Berencana (KKKB), DPAPMK Kota Depok, Ani Rahmawati kepada depok.go.id, usai kegiatan, Senin (22/10).

Dikatakannya, pembinaan yang diberikan kepada para kader berupa pengetahuan dan pemahaman mengenai pola asuh anak. Lewat pembinaan itu diharapkan dapat meningkatkan peranan orangtua dan anggota keluarga dalam pengasuhan dan pembinaan tumbuh kembang anak.

“Untuk itu, kami harus memberikan pembinaan kepada mereka, karena para kader ini adalah relawan yang secara sukarela melakukan kegiatan yang bertujuan mewujudkan program unggulan Depok sebagai Kota Ramah Keluarga. Jadi, kami butuh mereka guna menyukseskan program tersebut,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, guna memberikan pembinaan secara menyeluruh kepada seluruh kader ramah keluarga, pihaknya tengah melakukan pembaruan data terkait jumlah kader tersebut. Saat ini jumlah BKB yang terdata sebanyak 1.022 kelompok, BKR 800 kelompok, dan BKL sekitar 800 kelompok.

“Kami memiliki data yang valid dan bisa meluncurkan berbagai program kegiatan bagi para kader ini. Untuk itu, kami akan lakukan pendataan secara bertahap hingga tahun 2019,” tandasnya.

Sumber: depok.go.id