Wujudkan KLA, Kukusan Gandeng Kampus UI

Posted on 1,227 views

DepokNews–Dalam upaya mewujudkan Kelurahan Kukusan, Kecamatan Beji sebagai Kota Layak Anak aparatur dan masyarakat setempat menjalin sinegritas dengan praktisi Kampus Universitas Indonesia.

Lurah Kukusan, Hasan kepada MetroDepok mengatakan untuk merealisasikan program Kota Layak Anak (KLA) di Kota Depok, Kantor Kelurahan Kukusan menjalin kerjasama dengan Fakultas Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia.

“Kita sudah berbincang dengan pihak UI, dan mereka siap bersinegeritas dengan kami dalam upaya mewujudkan Kota Layak Anak di Kukusan”katanya.

Nantinya usai dilakukan pertemuan kedepannya akan diimpelementasikan oleh mereka bersama masyarakat di Kelurahan Kukusan.

Hasan menambahkan, dalam mewujudkan KLA kantor di Kelurahan Kukusan dan lingkungan warga kini telah dilengkapi sarana pojok bermain anak.

Dengan fasilitas tersebut, anak merasa nyaman menunggu orang tua yang sedang mengurus keperluan adiministrasi di kantor kelurahan.

“Pojok bermain ini kami peruntukkan bagi warga yang membawa anaknya, yang sedang menunggu pelayanan administrasi. Sambil menunggu bisa bermain terlebih dahulu, sehingga tidak jenuh,” ujarnya.

Menurutnya, selain berfungsi untuk pelayanan administrasi pemerintahan, Kantor Kelurahan Kukusan juga memiliki fungsi edukasi dan rekreasi dengan menyediakan sarana dan prasarana ramah anak.

Pemenuhan pojok bermain anak dan bacaan anak ini, terealisasi dari belanja langsung anggaran Kelurahan Kukusan tahun 2018.u

Pojok bermain tersebut dilengkapi karpet yang nyaman. Selain itu, dilengkapi berbagai mainan ramah anak, seperti perosotan, puzzle, balok-balok kayu, alat peraga dongeng, dan sejumlah mainan lainnya yang mengasah kemampuan berhitung.

Dirinya menambahkan, untuk mengisi pojok baca sendiri, pihaknya akan mengeluarkan imbauan kepada warga dan perangkat kelurahan agar membawa buku bacaan anak-anak, yang layak dibaca untuk disumbangkan.

“Imbauan ini, untuk mengajak masyarakat kita untberpartisipasi dalam mewujudkan Kelurahan Layak Anak. Dengan demikian, kami yakin warga dapat berkontribusi dalam mewujudkan KLA di Kota Depok,”katanya.