Wujudkan Kesatuan Bangsa, Idris Sebut Tokoh Agama Juga Punya Peran

Posted on 116 views

DepokNews — Walikota Depok Mohammad Idris yakin peran tokoh agama dapat mewujudkan harmoni kesatuan bangsa.

Hal tersebut terungkap saat membuka dialog publik di Ruang Dwidjosewojo Hotel Bumi Wiyata. Dialog tersebut mengusung tema ‘Peran Tokoh Agama dalam Kesatuan Bangsa’, Kamis (09/11/15). Dialog dimotori oleh Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Depok.

Kepala Kantor Kesbangpol Kota Depok Dadang Wihana menginformasikan, dialog diikuti oleh sekitar 150 peserta. Dialog diisi oleh empat narasumber yang berasal dari Kemenko Polhukam RI, Polres Kota Depok, Kodim 0508, dan FKUB Kota Depok.

Dadang menginformasikan tujuan kegiatan untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Dalam dialog nanti kita bisa saling berdiskusi dan bersinergi baik tentang peran para tokoh agama, potensi konflik juga ancaman yang dapat memecah belah kesatuan bangsa, ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Pemimpin Kota Depok mengatakan bahwa di Depok sudah harmoni, walau gejolak terkadang ada. Namun, semua itu bisa diredam karena Depok memiliki beberapa lembaga seperti FKUB, FPK, dan lain sebagainya.

“Tokoh agama juga berperan dalam mewujudkan harmoni kesatuan bangsa. Karenanya, para tokoh agama bisa memberikan penajaman pemahaman dan mempraktekan nilai-nilai agama dalam kehidupan bermasyarakat. Selain pemahaman, tokoh agama juga berperan dalam menenangkan, menggugah, dan menenagkan hati,” tutur Alumni Gontor ini.