Wujudkan Depok Religius Melalui Gerakan Shalat Subuh Berjamaah

Posted on 20 views

DepokNews   Kokohnya barisan umat Islam dapat kita lihat dari shalat subuhnya. Seberapa banyak umat muslim yang rela meninggalkan kenyamanan tempat tidur dan menembus dinginnya angin pagi demi meramaikan masjid, menjadi salah satu indikator kokohnya seorang muslim dalam menjalankan perintah Allah SWT ini. Melihat betapa pentingnya makna dari shalat subuh berjamaah inilah yang menjadi landasan terselenggarakannya Gerakan Shalat Subuh Berjamaah. Gerakan ini diselenggarakan di Masjid As-Ashiyaam, Gading Depok Residence pada Minggu (15/10). Gerakan Dengan penyelenggara acara oleh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Ash-Ashiyaam. Dimulai pada pukul 04.00 WIB, Gerakan Shalat Subuh Berjamaah ini pun diresmikan langsung oleh K.H.Dr. Mohammad Idris, MA selaku Walikota Depok.

Selain dihadiri oleh Walikota Depok, Gerakan Subuh Berjamaah ini juga dihadiri oleh Camat Bojongsari, Lurah Curug, LPM Curug, Ketua RW. 04, Ketua RT 08 RW 04 dan Ketua RT 05 RW 04. Dalam pelaksanaannya pun, gerakan subuh berjamaah ini mendapatkan respon positif dari masyarakat sekitar, dengan melihat antusiasme yang begitu besar dalam pelaksanaannya. Terkhususnya oleh warga RW.04 kelurahan Curug. Gerakan ini pun menjadi salah satu program dari RW.04 yang nantinya akan dilakukan secara bergilir di masjid ataupun mushola yang masuk dalam kawasan RW.04 tersebut.

Selain mengokohkan barisan umat islam dengan membiasakan shalat subuh berjamaah di masjid, Gerakan Shalat Subuh Berjamaah inipun menjadi bentuk hijrah menuju yang lebih baik. Melihat terselenggaranya gerakan ini yang bertepatan dengan bulan Muharam yang menjadi bulan dari awal hijrahnya Rasulullah dari Mekah ke Madinah. Dengan makna hijrah yakni berpindahnya dari keburukan kepada kebaikan, baik itu dalam perkataan ataupun perbuatan. Pun diharapkan mampu membawa dampak hijrah juga untuk warga sekitar RW 04 khususnya.

“ Diharapkan dari kegiatan ini dapat terus berkesinambungan dan langgeng serta senantiasa membawa kebaikan, karena adanya Gerakan Subuh Berjamaah ini menjadi salah satu media untuk mewujudkan masyarakat yang religius. Dan religius merupakan salah satu kata yang ada dalam visi kota Depok, yaitu mewujudkan masyarakat yang unggul, nyaman dan religius. Dan kita pun berterimakasih atas antusiasme dan partisipasi dari masyarakat dalam gerakan ini,” jelas K.H.Dr. Mohammad Idris, MA, Walikota Depok dalam sesi wawancarannya. (sya)