WFH, Ramadhan dan Al Quran

Oleh : Imam Budi Hartono, Anggota DPRD Privinsi Jawa Barat

Alhamdulillah kita bersyukur karena Allah memperkenankan kita masuk dalam bulan suci tahun ini. Kesempatan berbuat baik, kesempatan beramal telah Allah buka dengan masuknya bulan ramadhan 1441 H. Ramadhan kali ini berbarengan dengan menyebar wabah Covid-19. Pemerintah pusat sampai daerah dan semua kantor atau lembaga lembaga membuat kebijakan WFH (Work From Home) dalam rangka menghindari penyebaran virus corona.

Hal ini menjadi keuntungan besar bagi kita umat Islam. Ramadhan lebih banyak waktu dirumah. Artinya kesempatan untuk memanen pahala akan lebih banyak, terutama dalam membaca Al Quran. Ya Al Quran sebagai pedoman hidup kita yang mungkin selama ini kita jarang sekali membacanya atau bahkan tidak pernah. Ramadhan ini waktunya untuk bisa belajar membaca Al Quran, bagi yang sudah bisa waktunya untuk memancarkan bacaannya, atau lebih dari itu bisa menghatamkan Quran selama 1 bulan ramadhan.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat berbeda dan Allah spesialkan untuk ummat islam. Di bulan Ramadhan segala amalan menjadi berkali lipat pahalanya termasuk banyak hikmah yang bisa diambil sekaligus menjalankan ibadah puasa. Apalagi bulan ramadhan adalah bulan diturunkan nya Al Quran.

Banyak ustadz memberikan nasihat agar  hendaknya seorang muslim memberikan porsi perhatian yang lebih terhadap Alquran di bulan ini.

Allah Subhaanahu wa Ta’aala berfirman:

“Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi, Agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (QS. Faathir: 29-30)

Hadits riwayat Imam Tirmidzi dari Abdullah bin Mas’ud, dia berkata bahwa Nabi Saw bersabda;

“Siapa yang membaca satu huruf dari Al-Quran, maka baginya satu kebaikan dengan bacaan tersebut, satu kebaikan dilipatkan menjadi sepuluh kebaikan semisalnya dan aku tidak mengatakan alif lam mim satu huruf akan tetapi Alif satu huruf, Laam satu huruf dan Miim satu huruf”

Bukan sekedar bicara pahala membaca Al Quran dan di bulan ramadhan akan dilihat gandakan pahalanya. Membaca Al Quran bagi umat Islam seharusnya merupakan kebutuhan hidup karena Al Quran adalah firman Allah. Perkataan Allah SWT  dan sekaligus Al Quran sebagai pedoman hidup.

Jika kita berjalan dalam tempat yang gelap kita butuh penerangan berupa lampu atau lilin. Al Quran lah sebagai penerang bagi jalan hidup kita yang gelap di dunia. Hakekat perjalanan di dunia adalah menuju alam yang kekal yaitu akhirat. Dan Al Quran adalah pedoman menuju kebahagiaan akhirat.

Selagi masih diberikan umur oleh Allah swt, selagi dibulan penuh berkah ini, selagi kita diberi WFH oleh kantor ayo sempatkan untuk membaca Al Quran, mempelajari nya dan juga mengamalkannya. Semoga Allah memberikan kemudahan kita semua untuk hal tersebut.