Aher saat memperlihatkan kaos West Java Marathon 2017 (Istimewa)

West Java Eco Marathon 2017 Ikut Promosikan Ekowisata di Bandung

Posted on
DepokNews- Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) menyelenggarakan sebuah kegiatan yang dinamai West Java Eco Maratahon (WJEM). WJEM akan menjadi acara olah raga tahunan untuk mendukung promosi ekowisata di Jawa Barat.
Pada tahun 2017 ini, WJEM akan digelar untuk pertama kali. Setiap tahun, WJEM akan memberi pengalaman yang berbeda dengan trek alam yang eksotik melintasi gunung, hutan, laut dan pantai.
“Kami memiliki pantai-pantai yang cantik di Jawa Barat, lautan yang luas, dan jangan lupa gunung-gunung dan hutan yang bisa dijelajahi,” tukas Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan yang akrab disapa Aher ini.
Tema alam dipilih untuk acara marathon karena sangat sesuai dengan karakter alami Jawa Barat. Selain itu, penduduk Jawa Barat terkenal akan keramahan mereka, baik terhadap alam maupun kepada masyarakat.
WJEM akan diselenggarakan pada hari Minggu, 15 Oktober 2017 di Pangalengan. Terdapat empat kategori yaitu full marathon (42 K), half marathon (21 K), 10 K dan 5 K. Lebih dari 1,000 pelari telah mendaftar dan diharapkan jumlah ini akan bertambah hingga penutupan pendaftaran pada tanggal 30 September 2017.
Jika Anda mencari pengalaman berlari yang lebih dinamis dan lebih menantang, WJEM lah yang Anda cari. WJEM pertama ini memiliki tema “feel the breeze”/ “rasakan kesejukannya” dan akan menghadirkan tantangan berlari baru di udara sejuk di ketinggian 1,100 – 1,750 meter di atas permukaan laut. Trek di Pangalengan menyuguhkan lebih dari 100 titik tantangan untuk para pelari.
Pangalengan adalah sebuah kota kabupaten, 45 Km dari Bandung, ibu kota Jawa Barat. Pangalengan terkenal sebagai daerah pertanian, perternakan dan perkebunan.
Disana terdapat perkebunan teh dan kina. Pangalengan juga merupakan daerah penghasil susu sapi. Pangalengan memiliki sumber energi panas bumi dan sejumlah area wisata yang memanfaatkan kekayaan sumber energi tersebut seperti Pemandian Air Panas Cibolang.
Sebagai sebuah acara bertema alam, WJEM akan menjadi zero-waste event yang melarang membuang sampah di lokasi acara dan sepanjang trek. Peraturan mewajibkan peserta untuk mematuhi dan mereka bisa di diskualifikasi jika melanggar peraturan. Panitia akan menyediakan pos-pos air minum tanpa botol dan gelas kemasan.
Sebagai pengganti kendaraan berbahan bakar fosil, akan digunakan sepeda di lokasi acara. WJEM menyiapkan trek yang dikelilingi pohon dan tanaman hijau sehingga pelari merasakan interaksi dengan alam. Selama kegiatan akan menggunakan barang-barang yang bisa didaur ulang.
Acara ini merupakan sebuah kolaborasi antara Pemerintah Provinsi Jabar, Akiniaki aa Race Management, dan KlikPlus Asia. Jika ada pertanyaan tentang lomba, dapat menghubungi melalui email admin@westjavamarathon.com.(mia)