DepokNews– Calon Walikota Depok nomor urut 2, Dr. KH. Mohammad Idris. MA, melakukan agenda kampanye di kawasan Leuwinanggung, Pada Hari Selasa (20/10/2020). Tampak hadir 50 orang yang terdiri dari Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Ketua RT, RW, Tokoh Pemuda, Majlis Talim, dan Relawan.

Salah seorang warga leuwinanggung pada kesempatan tersebut, mengeluhkan terkait pengelolaan sampah di wilayah Leuwinanggung dan Tapos karena saat ini terbatasnya lahan dan resiko wabah penyakit yang ditimbulkan. Idris mendengar hal tersebut memberikan tanggapan “Terkait pengelolaan sampah sebetulnya adalah program unggulan kami pada periode sebelumnya, yaitu Depok Zero Waste City, kami upayakan setiap kecamatan ada UPS unit pengelolaan Sampah, dimana sampah sudah dipilah, antara organik dan non organik dan diolah menjadi pupuk yang dibagikan secara gratis, memang ini belum seluruh kecamatan karena masih tergantung pada kesiapan warga untuk memilah sampah” ucap Idris

Dalam dialog tersebut, Idris menyampaikan, “jika memang warga Leuwinanggung dan warga Kecamatan Tapos pada umumnya siap dan mau kita buatkan Tempat TPA/TPS kenapa tidak, tentu bisa kita buat, usulannya dapat kami ajukan dalam program unggulan 2022, karena kita punya misi mewujudkan kota yang Sehat, Aman, dan Nyaman, saya harap usulan ini bisa disampaikan langsung lewat RW, ataupun lurahnya”. Tegas Idris.

Idris “Saya lega mendengarnya, karena terus terang ketika kita tawarkan kepada beberapa kecamatan, warganya menolak dibuatkan UPS, padahal UPS Kalau dikelola dengan baik sampah yang kelola tidak akan berbau karena yang sampai adalah sampah organic yang langsung dikelola dengan teknologi mesin pengolah sampah” ucap Idris.

Idris menambahkan “memang kalau membangun TPA kita perlu minimal 10 Hektar, sebab sampah warga Depok yang berjumlah 2,4 Juta, produksinya 1300 Ton perhari, sedangkan daya tampung kita Cuma 700 Ton perhari, jika tidak diolah tentu tidak akan cukup. Namun kalau untuk warga Leuwinanggung saja, maka kami bisa upayakan membangun Tempat Penampungan Sementara (TPS), kami akan bangun dengan teknologi yang bagus di leuwinanggung” ucap Idris

Mendengar hal tersebut, Salah satu Ketua RT setempat, Asep mengatakan bahwa akan membantu dan setuju jika Pemerintah menyediakan fasilitas TPS, sehingga masyarakat sekitar tidak lagi membuang sampah sembarangan.

“Warga pasti sangat antusias sekali jika ada rencana pembangunan TPS, karena memang kita sendiri selama ini perlu tempat pengelolaan sampah, saya harap pasangan IDRIS-IMAM nantinya bisa mewujudkan itu dan kami akan mendukung penuh”. Tutup Asep.