Warga Keluhkan Jalan Raya Sawangan Selalu Padat Merayap

Posted on

DepokNews- Ruas Jalan Raya Sawangan kini tak mampu lagi menampung jumlah kendaraan. Setiap hari ruas jalan itu selalu dipadati kendaraan, terutama saat akhir pekan. Kendraan terlihat tak berjalan di ruas ini saat akhir pekan apalagi saat long week end.

Sedangkan setiap pagi dan sore kondisi jalan juga terlihat padat. Selain jalan yang sempit dan digunakan untuk dua arah, volume kendaraan yang melintas pun juga sangat banyak. Karena jalan ini sebagai alternatif pengendara untuk menghindari ruas jalan protokol yang juga kerap padat.

Kepadatan kendaraan sudah dimulai sejak pukul 11.00 WIB. Di Jalan Raya Sawangan kemacetan dipicu jalan yang sempit dan di beberapa titik banyak angkot yang berhenti sembarangan.

“Kalau sudah sore dan pagi macetnya parah. Kita kan harus kejar-kejaran waktu,” kata Bagus Parigyo, salah satu pengendara motor.

Di sekitar jalan ini banyak terdapat pemukiman. Sehingga banyak kendaraan yang keluar masuk menuju jalan raya tidak teratur dengan baik. Akibatnya, pengemudi saling mendahului untuk menuju jalan raya.

“Macetnya karena banyak mobil yang mau ke jalan raya tapi karena ini dua jalur jadi menyempit,” ungkapnya.

Dia juga menyayangkan tidak adanya petugas yang mengatur. Jalur ini menjadi jalur alternatif pengemudi yang hendak menuju ruas Margonda dari arah Cipayung.

“Macetnya lebih parah pas weekend. Dari pagi sudah mulai macet sampai malam,” ungkapnya.

Warga berharap rencana pemerintah untuk melakukan pelebaran di jalur ini bisa segera terealisasi. Sehingga kemacetan bisa teratasi dan bisa menampung kendaran lebih banyak. Namun hingga kini rencana tersebut belum teralisasi.

Catatan yang ada, volume kendaraan yang melintas mencapai 1.000 unit mobil pribadi. Sedangkan motor mencapai 10.000 unit dan 320 truk per harinya.

“Harusnya sih sudah saatnya dilebarkan. Karena Jalan Sawangan juga sudah sangat parah macetnya,” kata Indah pengendara lainnya.(mia)