Warga BHI Depok Bentuk Goweser

DepokNews–Masyarakat di perumahan Bumi Husada Indah RT 06/06 Kelurahan Kalibaru, Kecamatan Cilodong membentuk komunitas BHI Goweser yang dikomandoi Rohmat Hidayat atau disapa Bang Jack Komando.

Rohmat Hidayat kepada wartawan pada Minggu (21/7) mengatakan BHI Goweser diambil dari nama Perumahan tempat para member tinggal.

Yakni Bhumi Husada Indah yang disingkat BHI.

“Walaupun masih seumur jagung kurang lebih 5 bulan, namun kekompakkan kami sudah terlihat jelas saat para anggota berkumpul”katanya.

Dari 65 rumah di Perumahan Bhumi Husada Indah ini hampir separuhnya memiliki sepeda.

“Berawal dari satu dua orang, sekarang kalau gowes jadi puluhan. Dari situ kami inisiasi membuat komunitas BHI Goweser,”katanya.

Dari 28 member aktif, BHI Goweser juga diisi orang-orang dari lintas profesi. Seperti Koki, Teknisi, TNI, Polisi, wartawan dan profesi lainnya.

Semua merajuk jadi satu kesatuan dengan hobi yang sama yakni gowes bersama-sama.

Dia mengatakan komunitas BHI Goweser rutin ‘ngegowes’ setiap Sabtu dan Minggu.

Tidak mengenal apa itu pagi, siang, sore, bahkan tengah malam puntetap gowes.

Bahkan tidak tanggung-tanggung sekalinya ngayuh sepeda bisa sampai ke Hambalang, Bogor”katanya.

“Kami kalau Sabtu-Minggu pasti gowes kemana saja yang jauh dari Depok. Bebas saja waktunya dan tidak selalu bareng-bareng juga. Ada yang pagi ada juga yang sore,” katanya.

Sebelum mulai turing biasanya seluruh member berkumpul di rumah Pak RT di Komplek BHI yang diklaim oleh mereka basecamp.

Pak RT Ruli yang juga salah satu member memang memiliki halaman rumah yang cukup luas. Sehingga dapat menampung sepeda kurang lebih 25 unit.

Dalam waktu dekat ini sekitar akhir Juli 2019, BHI Goweser berencana mengadakan turing lagi. Biasanya titik awal dari Komplek BHI ke Bogor, kini rute akan dibalik.

Mulai dari Puncak, Bogor sampai basecamp. Diperkirakan jarak yang akan ditempuh 42 kilometer.

“Dari Depok naik kendaraan dulu ke atas (Puncak), baru pulangnya pakai sepeda. Tapi kami ngga bakal lewat jalan umum, bakalan mencari jalan yang belum dikenal sama masyarakat.

Walaupun sama seperti komunitas sepeda gunung pada umumnya yang ingin mencari keringat dari olahraga ini. BHI Goweser juga menyelipkan nilai-nilai informasi dari setiap perjalanan ngegowes.