DepokNews–Sebagaimana kita ketahui islam adalah agama yang rahmatan lil’alamin yaitu agama yang sangat indah nan agung serta satu-satunya agama yang diridhai Allah disisi-Nya. Islam adalah agama yang paling adil dalam memperhatikan hak dan kewajiban umatnya. Termasuk urusan wanita,karena memang wanita dalam islam sangat dimuliakan dan derajatnya lebih tinggi daripada laki-laki.

          Islam memuliakan wanita tiga derajat dibanding laki-laki. Wanita (An-nisa)   tercantum dalam Al-Qur’an yaitu surat An-nisa. Islam juga menganggap wanita(shalihah) adalah sebaik-baik perhiasan  di dunia.Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

الدُنْيَامَتَاعٌّ وَخَيْرُمَتَاعِهَااَلْمَرْءَةُالصَّالِحَةُ

          “Dunia adalah perhiasan dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah(Hadits Riwayat Muslim no:1467)

           Dari hadits ini jelas kita pahami yaitu wanita shalihah dalam islam sangat dimuliakan sehingga sampai dikatakan “Sebaik-sebaik perhiasan”. Dan Rasulullah sangat memuliakan wanita, sehingga Rasulullah juga sangat marah jika ada wanita yang di zhalimi. Rasulullah juga bersabda ketika melakukan haji wada’ (haji perpisahan atau terakhir):

          “Ingatlah! Berbuat baiklah kepada wanita, sebab mereka (bagaikan) tawanan disisi kalian. Kalian tidak berkuasa terhadap mereka sedikitpun selain itu, kecuali jika mereka melakukan perbuatan nista. Jika mereka melakukannya maka tinggalkanlah mereka dengan pukulan yang tidak melukai. Jika ia menaati kalian, maka janganlah berbuat aniaya kepadanya. Merekapun tidak boleh memasukkan siapapun yang tidak kalian sukai ke tempat tidur dan rumah kalian. Ketahuilah bahwa hak mereka atas kalian adalah kalian berbuat baik kepada mereka (dengan mencukupi) pakaian dan makan mereka.” (HR,Tirmidzi dan Ibnu majah,shahih)

          Dari hadits ini juga jelas Rasulullah katakan bahwa wanita itu walaupun salah tidak boleh disakiti. Dan kebutuhannya harus dipenuhi. Karena wanita begitu dihargai dan dimuliakan maka tidak ada alasan untuk menjadi tidak wanita yang shalihah dan menghargai diri sendiri. Karena wanita shalihah adalah wanita yang in syaa Allah akan menghuni syurganya Allah subhanahu wata’ala. Maa syaa Allah ya ikhwah☺☺☺

          Lalu apasih yang harus dilakukan seorang wanita agar bisa menjadi shalihah atau lebih baik? Disin saya akan coba memberikan sedikit cara atau trik agar wanita  menjadi lebih baik atau menjadi shalihah in syaa Allah, tapi ini masih sedikit dari cara-cara agar menjadi wanita shalihah ya ikhwah☺, masih banyak cara lain maksudnya hehe

  • Menjaga ibadah.

Wanita harus tahu bahwa tujuan hidup seorang muslim dan muslimah adalah beribadah kepada Allah. Sebagaimana tercantum dalam surat Adz-dzariyat ayat 56

وَمَاخَلَقْتُ الْجِنَّ وَالاِ نْسَ اِلاَّ لِيَعْبُدُوْنَ

            “Aku tidak menciptakan jin dan manusia kecuali agar mereka beribadah kepadaku”

  •  Menutup aurat.

Aurat bagi wanita islam adalah seluruh tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan. Sesuai ajaran Al-qur’an  wanita muslimah harus menutup auratnya dengan baik dan menjaganya dari pandangan laki-laki yang bukan mahramnya.

  • Selalu bersyukur.

Karena ciri-ciri wanita shalihah itu adalah selalu mensyukuri apapun yang Allah berikan padanya.

  • Suka bersedekah/dermawan

Menjadi orang yang suka bersedekah adalah salah satu sifat yang Allah dan Rasulullah cintai

  • Menjaga diri.

Selalu menjaga diri dengan baik, terutama dalam pergaulan dengan lawan jenis.

  • Menjaga pandangan mata.

Karena pandangan ini sangat berbahaya apalagi kepada lawan jenis.

  • Memelihara kewajiban pada suami (yang ini khusus yang sudah menikah ya ikhwah☺

Karena Alllah dan Rasulullah memerintahkan wanita agar berbakti dan hormat kepada suami.

  • Pintar bergaul.

Bergaul disini bukanlah begaul terhadap lawan jenis, tetapi yang dimaksud disini adalah lebih membuka diri agar lebih akrab kepada orang lain dan lebih luas persaudaraanya.

  • Istiqamah.

Istiqamah ialah teguh pendirian dan tidak mudah tergoyahkan oleh keindahan-keindahan dunia yang sangat mempesona. Sehinga ia fokus pada tujuan hidupnya (ibadah) dan akhirat.

  • Menjaga tutur kata dan kehormatan keluarga.

Berkata sopan santun dan hormat pada orang tua adalah kewajiban seorang wanita (shalihah).

Jadi itulah beberapa trik atau kiat agar menjadi wanita yang shalihah dan lebih baik dari saya, semoga bermanfaat dan kita senantiasa menjadi hamba Allah yang taat pada ajaran Allah dan Rasulullah. Wallahu A’lam bishshawab….☺☺☺

Nama    : Aslan Handisah Nasution

Email    : aslanhanidsahnst13099@gmail.com

Instansi  : STEI SEBI