Walikota saat memberikan sambutan di  kegiatan Pembinaan Sinergitas Kinerja Kecamatan dan Lomba Kecamatan Layak Anak di Kecamatan Beji, Senin (01/10).

DepokNews–Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengajak, seluruh elemen masyarakat termasuk pengusaha untuk berkontribusi dalam program Kota Layak Anak (KLA). Menurutnya, program tersebut perlu dukungan dari seluruh pihak, terutama dalam hal penyediaan sarana bermain bagi anak.

“Mewujudkan KLA bukan hanya tugas kami dari pemerintah saja, melainkan seluruh elemen masyarakat. Terutama para pengusaha yang ada di Kota Depok,” ujarnya saat menghadiri kegiatan Pembinaan Sinergitas Kinerja Kecamatan dan Lomba Kecamatan Layak Anak di Kecamatan Beji, Senin (01/10).

Mohammad Idris menambahkan, kontribusi yang dimaksud yaitu dengan ikut serta dalam pembangunan dan keberlangsungan program KLA. Salah satunya, menyediakan tempat bermain pada anak, di lokasi tempat usahanya.

Dia mengatakan tidak hanya tempat bermain saja, lokasi perpustakaan, dan lokasi bermain yang bebas dari asap rokok.

Dimulai dari lingkup terkecil saja, pengusaha dapat memberikan contoh kepada masyarakat dan membebaskan anak-anak untuk bermain sesuai dengan usianya.

Dengan sinergitas yang terjalin ini, diharapkan KLA di Kota Depok dapat terwujud dan naik peringkat dari Nindya menjadi Utama.

“Kami, pemerintah tidak dapat bekerja sendiri. Untuk itu, mari kita bersama-sama memberikan ruang bermain yang layak bagi anak,”katanya.

Dia menambahkan bahwa ada 18 aspek penilaian dalam lomba sinergitas kinerja kecamatan.

15 aspek penilaian terkait kemampuan Camat dalam bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi dan pembangunan, sedangkan tiga aspek lainnya terkait sarana dan prasarana.

Dirinya juga menyampaikan bahwa sinergitas memiliki arti kerjasama, kolaborasi, hubungan yang baik.

Karena dalam membangun kota ini tidak bisa sendiri tapi membutuhkan kerjasama dengan banyak pihak.

Maka dari itu dalam pemerintahan membutuhkan sinergitas. Selain itu juga ada kinerja, bukan sekedar serapan anggaran tapi ada hasil dari kinerja.

Lanjutnya, dalam sinergitas terdapat beberapa komponen yakni komitmen, interaksi dan konsistensi.

“Untuk meningkatkan sinergitas kita membutuhkan komitmen yakni tekad atau semangat yang tinggi. Selanjutnya kita harus rajin berinteraksi dan diperlukan konsistensi dalam kerja-kerja kita,” katanya.

Bahwa untuk meningkatkan sinergitas juga harus menghilangkan atau mengatasi faktor-faktor yang menjadi hambatan.

Mohammad Idris menambahkan,
sebelas kecamatan di Kota Depok ikuti Lomba Sinergitas Kinerja Kecamatan yang diselenggarakan Pemerintah Kota Depok.

Lomba ini sekaligus sebagai bentuk pembinaan terhadap kecamatan dengan melibatkan beberapa dinas.

Pemenang lomba Sinergitas Kecamatan tingkat Kota Depok ini nantinya akan mewakili Depok ke tingkat Provinsi Jawa Barat.