Lokasi longsor (Istimewa)
DepokNews- Menanggapi longsor di Kali Tengah, Jalan Raya Tanah Baru lada Rabu malam, Walikota Depok meninjau lokasi. Saat ini Dinas PUPR tengah memasang jaring turan atau bronjong yang digunakan sebagai penahan tanah.
“Longsor ini memang prediksi lama. Sudah dilaporkan ke PUPR Provinsi karena memang kewenangannya, di kami penganggarannya tidak ada. Sedangkan di Provinsi sendiri lebih memprioritaskan kalilaya,” jelas Idris, usai meninjau lokasi longsor, Kamis (31/5/2018).
Idris melanjutkan, daerah perbatasan sudah masukan program dengan DKI Jakarta. Pemkot Depok juga meminta Provinsi untuk intervensi perbaikan kali tengah. Karena dibutuhkan anggaran hingga triliunan untuk perbaikan semua.
“Kami jalannya, Provinsi kalinya dan DKI Jakarta untuk perbatasannya. Ini yang dinamakan kolaborasi. Karena turap jika tidak komprehensif bisa seperti di kalilaya,” tutur Idris.
Idris berharap tidak ada longsor lagi untuk Kali Tengah. Usai pemasangan bronjong sendiri akan dibuat permanen, menunggu arahan Provinsi.
“Tindakan langsung darurat adalah pemasangan bronjong,” tutupnya.(mia)