Taman Mekarsari Depok

DepokNews — Walikota Depok Mohammad Idris meresmikan Taman Mekarsari yang berlokasi di fasos fasum Perumahan Pondok Mekarsari RW 12, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis, Selasa pagi (6/2/2018). Pembangunan taman ini berdasarkan UU Penataan Ruang No 26 Tahun 2007 sebagai upaya pemenuhan kebutuhan Ruang Terbuka Hijau (RTH) 30 % dari luas wilayah Kota Depok.

“Ini juga sebagai bagian dari pemenuhan janji Walikota untuk membangun taman di setiap kelurahan. Adapun sampai dengan saat ini telah terbangun taman di 21 kelurahan dari 63 kelurahan yang ada di Kota Depok. Pada tahun ini insyaallah akan terbangun total 37 taman, 50% dari total taman yang harus dibangun,” ungkap Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK), Etty Suryahati dalam laporannya.

Taman yang dibangun diatas lahan seluas 957 m2 ini dilengkapi dengan beberapa fasilitas yakni lapangan bulutangkis, jalur refleksi, shelter dan ruang baca, jogging track, permainan anak, amphitheater, bangku taman, ornament selfie dan parkir sepeda. Kedepan, fasilitas taman akan ditambah dengan fasilitas ramah disabilitas dan koneksi wifi.

Kepala DLKH menerangkan bahwa masyarakat dapat memanfaatkan taman ini tanpa retribusi, namun jika akan dipergunakan untuk kegiatan yang bersifat massal ataupun event, wajib mengajukan surat permohonan pada DLHK Kota Depok untuk perijinan.

“Janji Walikota untuk membangun taman di tiap kelurahan diantaranya juga untuk merealisasikan Depok Kota Ramah Anak dan Depok Ramah Lansia. Taman ini dapat digunakan sebagai tempat untuk anak-anak berekspresi dan tempat lansia berkumpul,” kata Walikota. Dirinya juga mengatakan, insyaallah di tahun 2018 ini akan dibangun taman kota atau alun-alun di atas lahan seluas 3 hektar yang berlokasi di GDC.

“Kita juga akan membangun beberapa fasilitas publik, diantaranya gelanggang olahraga,” tambahnya. Dirinya berharap taman ini dapat di manfaatkan dengan baik oleh warga serta dipelihara dan dijaga. Orang nomor satu di Depok juga mengucapkan terima kasih pada berbagai pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam pembangunan taman ini hingga terealisasi. Peresmian Taman Mekarsari ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Walikota yang dilanjutkan dengan pengguntingan pita dan penekanan tombol sirine.