Walikota Depok Minta Semua Pihak Sukseskan Program Zero Waste City

Posted on 9 views

DepokNews- Walikota Depok Mohammad Idris meminta agar semua pihak dapat bekerjasama untuk mensukseskan program zero waste city. Menurutnya dengan banyaknya pihak yang terlibat, maka program unggulan kota ini akan bisa terlaksana dengan baik.

“Memang banyak yang memandang sinis mengenai program ini, namun jika kita bersama-sama memiliki niat yang sama, maka insyAllah akan bisa terlaksana,” ujar Idris.

Dirinya mengatakan bahwa pandangan sinis tersebut harusnya bisa menjadi motivasi bagi semua pihak. Karena persoalan tentang sampah adalah salah satu hal yang krusial, salah satu caranya adalah dengan membiasakan diri untuk melaksanakan pemilahan sampah di rumah tangga.

“Penumpukan sampah di tpa bisa kita siasati dengan pemilahan sampah sedari rumah, dengan begitu jumlah volume sampah yang masuk ke TPA akan bisa menurun dengan signifikan,” jelasnya.

Kegiatan pemilahan sampah ini menurunyanya menjadi tantangan sendiri nagi warga Depok dan juga pemerinah kota, karena TPA Nambo milik Jawa Barat dikabarkan belum bisa beroperasi hingga 2018 nanti. Dengan begitu sampah di kota depok yang tiap harinya mencapai 1.200 ton ini mau tidak mau akan terus bermuara ke TPA Cipayung.

“Untuk itu pemkot, komunitas, swasta dan masyarakat juga harus bisa turut serta dalam pemilahan sampah,” tandasnya.(mia)