Walikota Depok Minta Konsep Pengembangan SDM Dengan Melihat ASN Sebagai Manusia Seutuhnya

Posted on 15 views

DepokNews — Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM (BKPSDM) yang melakoni kegiatan-kegiatan Aparatur Sipil Negara (ASN) mempunyai peran strategis demi lancar dan suksesnya Pemerintah Kota Depok.

“BKPSDM harus lebih konsen dan perhatian dalam konsep pengembangan ASN dan melihat ASN sebagai manusia seutuhnya. Jangan hanya melihat dari unsur skill saja. Karena di dalam diri setiap ASN juga ada unsur kompetensi, keterampilan, spiritual, emosional, fisikal, dan perasaan. Semua unsur tersebut harus diimbangi dalam pengembangan ASN/SDM,” tutur Walikota Depok saat menghadiri Forum OPD BKPSDM, Jum’at (24/02/17) pagi.

Pemimpin Depok Bersahabat Mohammad Idris melanjutkan, manusia juga memiliki kecenderungan dan karakter yang harus diimbangi dalam konsep pengembangan SDM, sehingga BKPSDM bisa memposisikan ASN pada tempatnya dan sesuai dengan kapasitas, kompetensi, serta bakatnya.

Dalam kesempatan itu, Walikota menghimbau ASN untuk bekerja dengan tulus dan professional. Karena ASN adalah tonggak utama sukses dan berhasilnya sebuah organisasi. “Sebanyak apapun anggaran yang dimiliki, secanggih apapun teknologi yang digunakan, dan sehebat apapun program yang dibuat, tanpa SDM yang siap akan menjadi sesuatu yang sia-sia. Semoga ASN Kota Depok lebih professional, inovatif, kompetitif, dan religius,” harap Idris seraya menghimbau ASN untuk menghindari hal-hal yang dapat menggoda dan mengganggu kelancaran kinerja.

Plt. Kepala BKPSDM Kota Depok Sopian Suri, mengatakan BKPSDM telah melakukan pemetaan kompetensi aparatur melalui uji kompetensi pegawai yang dilakukan secara berkesinambungan. “Kami pun melakukan penghitungan beban kerja sesuai dengan SOTK baru dan pengembangan SIMPEG online dengan menambah fitur yang dapat diakses langsung oleh setiap pegawai,” ujarnya.

Sopian menambahkan, BKPSDM juga akan meningkatkan kualitas sumber daya aparatur baik melalui diklat, pembangunan karakter, dan penegakan disipilin. Forum BKPSDM terselenggara di Hotel Santika dengan mengusung tema Pengembangan Pelayanan Kepegawaian Berbasis Teknologi Informasi. Forum tersebut dihadiri Kepala Kantor Regional 3 BKN Imas Sukmariyah, Kepala OPD, Camat, dan Lurah se-Kota Depok.