Walikota Depok Minta BKPSDM Tingkatkan Kompetensi ASN

Posted on

DepokNews — Walikota Depok Mohammad Idris meminta Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Depok terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kota Depok. Peningkatan kualitas ini dinilai penting agar kompetensi yang dimiliki ASN dapat dikembangkan sesuai dengan tugas dan jabatan yang dimiliki, seperti dilansir depok.go.id

Menurutnya, peningkatan kompetensi ASN bisa dilakukan dengan melakukan pemetaan kompetensi aparatur melalui uji kompetensi pegawai. Tentunya secara berkesinambungan dan dapat dirasakan langsung oleh para pegawai.

“Ini sudah mejadi keharusan kami dalam meningkatkan kualitas SDM di Pemerintah Kota Depok sebagai penunjang keberhasilan berbagai program yang dijalankan,” tuturnya saat Forum OPD Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) di Hotel Santika, Jumat (24/02/2017).

Lebih lanjut, Mohammad Idris menjelaskan, kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi ASN bisa juga dilakukan melalui diklat reguler yang diselenggarakan Badan Diklat Provinsi Jawa Barat dengan lembaga lain. Selain itu, juga melalui diklat teknis yang dilakukan oleh berbagai lembaga formal.

Selanjutnya, BKPSDM Kota Depok melakukan peningkatan kinerja pegawai melalui uji kompetensi. Nantinya ASN akan dievaluasi dan ditingkatkan kembali kemampuan yang dimiliki. Pasalnya, banyak keterampilan yang dimiliki, tetapi tidak dikembangkan dengan maksimal.

“Dengan uji kompetensi, kami akan tahu kemampuan yang ada, sehingga ke depan ASN dapat memposisikan diri sesuai dengan keahlian yang ada. Mengingat ASN juga punya andil besar dalam menyukseskan program pembangunan di Kota Depok. BKPSDM harus konsen dalam memberikan perhatian kepada ASN demi lancarnya pelaksanaan pemerintahan di Kota Depok,” tutup Idris