Walikota Depok Letakkan Batu Pertama Pembangunan Rumah Yatim Al Awwal

Posted on 544 views

DepokNews — Wali Kota Depok, Mohammad Idris berkesempatan menghadiri kegiatan peletakan batu pertama pembangunan rumah yatim dan Taman Pendidikan Alquran (TPQ) Al Awwal di Jalan Mawar Raya RT 01 RW 05, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas, Minggu (07/01/2018).

Dalam kesempatan tersebut, Mohammad Idris sangat bangga dengan kepedulian warganya terhadap dunia pendidikan, khususnya pendidikan Islam dengan membangun TPQ Al Awwal.

“Ini merupakan kebanggaan bagi kami, melihat kepedulian masyarakat terhadap kelanjutan pendidikan Islam bagi anak-anak kita penerus bangsa,” tuturnya.

Dirinya menyebutkan, bahwa pembangunan fasilitas lembaga seperti ini sangat penting supaya generasi saat ini dibekali pendidikan Islam.

“Karena masih minimnya pendidikan agama di sekolah-sekolah, khususnya sekolah negeri,” paparnya.

Dirinya berharap, dengan adanya gedung TPQ Al Awwal dapat memenuhi kebutuhan mentalitas dan spiritual anak yatim prasejahtera.

“Semoga pembangunannya berjalan lancar dan tepat waktu, sehingga bisa berperan aktif membantu pemerintah mewujudkan salah satu visi Kota Depok yaitu masyarakat yang religius serta generasi yang cinta Alquran,” harapnya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Al Awwal, Yudi Yanto mengatakan, bahwa momentum tahun 2018 ini dimanfaatkan warga Kelurahan Depok Jaya dengan mendirikan rumah yatim.

Wali Kota Depok, Mohammad Idris Saat Kegiatan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Rumah Yatim & TPQ Al Awwal, Kelurahan Depok Jaya (07/01/2018).
“Kita akan memulai pembangunan rumah yatim yang pertama di Kelurahan Depok Jaya. Bangunan ini berdiri di lahan fasilitas umum (fasum) yang telah disetujui pembangunan serta izinnya oleh Perangkat Daerah Kota Depok,” ujar Yudi.

Yudi menjelaskan, untuk merealisasikan program tersebut pihaknya membutuhkan total dana sebesar Rp 3 miliar.

“Sementara saat ini, untuk pembangunan tahap awalnya sudah terkumpul sebesar Rp 230 juta. Jumlah tersebut sudah dibantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat sebesar Rp 100 juta, dan sisanya merupakan hasil swadaya bersama para warga,” jelasnya.

Dirinya menambahkan, pembangunan gedung tahap pertama ini diprediksikan selesai hingga enam sampai delapan bulan ke depan.

“Di dalamnya akan ada ruang kelas, sekretariat, kamar mandi termasuk pembuatan turap karena tekstur tanahnya miring,” tambahnya.

Dikatakannya, terkait dana yang masih kurang pihaknya akan mencari donatur personal atau instansi, termasuk tetap menggalang dana infaq dari masyarakat sekitar.

“Mudah-mudahan dengan adanya rumah yatim dan TPQ ini menjadi amal saleh serta bermanfaat bagi warga Kelurahan Depok Jaya, dan pada umumnya untuk masyarakat Kota Depok,” tandasnya.