DepokNews– Dua pelajar Kota Depok ditolak pihak managemen The Margo Hotel saat mengajukan surat permohonan Praktek Kerja Lapangan (PKL) akhir Oktober 2019.

Penolakan oleh Managemen The Margo Hotel disebabkan karena dua pelajar tersebut tidak mau melepas hijabnya. Hal itu dikatakan Teti Endrawati (36), warga Petamburan, Jakarta Barat yang merupakan Bibi dari SA salah satu siswi salah satu SMK di Sawangan.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Depok, Mohammad Idris angkat bicara terkait adanya sejumlah siswa yang dilarang Praktek Kerja Lapangan (PKL) lantaran menggunakan hijab. Idris meminta agar majamen The Margo Hotel segera melakukan klasifikasi terkait masalah tersebut.

“Kita akan evaluasi dan meminta klarifikasi pihak The Margo Hotel apakah benar melarang orang yang bekerja disana menggunakan hijab,” kata Idris

Menurutnya tidak ada undang-undang ataupun peraturan yang melarang seorang karyawan memakai pakaian sesuai agama dan kepercayaannya.

“Jika sudah ada klarifikasi dari pihak hotel dan memang benar adanya, kita akan mengevaluasi sejauh mana, dasarnya apa dan pertimbangannya seperti apa,” tutur Idris

Namun, kata dia, jika peraturan tersebut berasal dari Peraturan Kementrian Pariwisata, memang pihak hotel harus mengikuti. “Apakah memang ada peraturan sepeeti itu? Jika tidak, berarti melanggar Hak Asasi Manusia (HAM),” kata Idris.

Sementara itu Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna geram. Ia mengatakan dalam waktu dekat akan melakukan inspeksi mendadak ke Hotel di Kawasan Beji tersebut. Dia mengaku tidak terima jika ada pengusaha mendiskriminasi masyarakat, apalagi berkaitan dengan agama dan keyakinan.

“Secepatnya saya akan melakukan sidak ke hotel tersebut,” imbuh Pradi.

Humas The Margo Hotel Kartika Sari ketika dihubungi Rabu (20/11/2019) pukul 16:22 belum memberikan komentar. Hingga pukul 17:16 sore pihak humas hanya menanggapi bahwa masalah tersebut sudah diklarifikasi ke salah satu media.

“Kan sudah diklarifikasi sebelumnya dan sudah naik juga kan,”.

Namun ketika diminta untuk klarifikasi lagi hingga saat ini pihak The Margo belum menjawab.