DepokNews – Usai melaksanakan shalat dzuhur di Masjid Balai Kota Depok, Wali Kota Depok, Muhammad Idris di dapuk untuk mengisi tausiah di hadapan para jamaah yang mayoritasnya ASN di jajaran Pemerintah Kota Depok.

Dalam tausiahnya Mohammad Idris mengungkapkan pelajaran terbesar pada pelaksanakan puasa di bulan Ramadan saat ini yaitu komitmen, disiplin dan sabar.

“Apalagi sudah hampir satu tahun lebih kita menghadapi pandemi. Untuk itu tiga hal ini perlu menjadi perhatian dan pelajaran buat kita,” ujarnya saat mengisi tausiah Ramadan usai Salat Zuhur di Masjid Balai Kota Depok.

Selanjutnya yaitu pelajaran untuk memperkuat Iman dan takwa. Sebab pelajaran tersebut sebagai bentuk pengakuan yang direstui oleh Allah SWT sebagai hamba-Nya ialah dari komitmen iman dan takwa.

“ini juga dapat diaplikasikan pada pandemi Covid-19 dengan terus melakukan sosialisasi serta menjaga diri, seperti menjaga iman dan imun,”katanya.

Ia juga mengingatkan agar Iman yang dimiliki tetap berprasangka baik pada Allah , lalu tingkatkan imun dengan menjaga pola makan.

Lebih lanjut, ucapnya pelajaran yang kedua yaitu disiplin. Allah SWT telah menetapkan waktu-waktu yang diwajibkan umatnya untuk beribadah.

“Dengan begitu, secara tidak langsung Allah telah mengajarkan kedisiplinan kepada kita. Baik disiplin waktu atau disiplin ibadah,” katanya.

Ia menambahkan, Allah mengajarkan pelajaran besar tentang sabar. Di bulan Ramadan dengan berpuasa semua dilatih, baik dari menahan lapar dan haus hingga menahan emosi.

“Semoga kita semua dimudahkan oleh Allah dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadan. Tidak lupa saya berpesan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam segala kegiatan,” pungkasnya