DepokNews–Walikota Depok, Mohammad Idris, memimpin upacara peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI) ke-74 Tahun 2019 di lapangan Balaikota Margonda Depok, Sabtu (17/8/2019).

Pada amanat sebagai inspektur upacara, Walikota Depok, KH. Muhammad Idris menyampaikan bahwa nilai perjuangan Bangsa Indonesia pada era saat ini dengan dimensi yang berbeda, yaitu perjuangan dengan meningkatkan kapasitas diri dalam membangun Negri.

“Perjuangan kita kali ini bukan melawan penjajah. Namun, mengasah potensi dan kompetensi dalam membangun negeri,”tuturnya.

Dikatakan Walikota tema HUT RI ke-74 yaitu Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul, Indonesia Maju. Selaras dengan visi dan misi prioritas Kota Depok yakni unggul, nyaman dan religius.

“Pengembangan SDM kita sejalan dengan konsep ketahan keluarga, yang artinya pembentukan karakter awal memang dari keluarga. Materi, rohani, serta aspek sosial bermuara pada keluarga,”ujarnya.

Menurut Idris, untuk menciptakan SDM yang unggul butuh dukungan dari segala sisi. Dalam praktiknya ditunjang oleh sarana dan prasarana pendidikan yang memadai.

Kemudian lanjut Idris untuk menciptakan SDM unggul, Pemerintah Kota Depok telah menggulirkan program bantuan kepada siswa dan guru baik swasta maupun negeri. Program tersebut berjenjang mulai dari tingkatan paling rendah seperti Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) hingga Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Pemkot juga telah membangun dan memugar sekolah. Misalnya, 40 SD negeri sudah memiliki Ruang Kelas Baru (RKB), 3 SMP negeri kini mempunyai RKB. Selain itu ada pula pembangunan 1 gedung SMP negeri, 19 rehabilitasi SD negeri hingga 4 rehabilitasi SMP negeri serta pembangunan Gedung PGRI,”jelasnya.

Idris berharap, momentum ini dijadikan pemacu untuk terus meningkatkan pelayanan publik. Mengingat belum sepadannya jumlah Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dimiliki untuk melayani 2,3 juta penduduk di Kota Depok.

“Kita patut berbangga, bahwa dalam peringatan HUT RI ke-74 banyak warga Depok yang mendapatkan apresiasi tingkat internasional dan nasional,” imbuhnya.

Diketahui pada acara yang dihadiri oleh seluruh jajaran ASN dan Forkopinda itu, turut dimeriahkan dengan berbagai pertunjukan dari elemen masyarakat, mulai dari pantomim, paduan suara serta penampilan salah satu anak tuna netra dengan bermain keyboard sambil menyanyikan lagu di dampingi Walikota dan Wakil Walikota Depok.

Tampak hadir di acara tersebut, Kapolresta Depok AKBP Azis, Dandim 0508/Depok Letkol Inf Agus Isrok Mikroj, Letkol Inf Eko Syah Putra Siregar, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Depok Sufari, Kepala Pengadilan Negeri Kota Depok Sobandi, Kepala Rutan Kelas IIB Cilodong Bawono Ika Sutomo serta para undangan lainnya