DepokNews– Guna pengendalian laju penyebaran Covid-19 di Kota Depok,
Wali Kota Depok,mengeluarkan instruksi Nomor 08 Tahun 2020, tentang Pelaksanaan Pengendalian Penyebaran Corona Virus Desease 2019 (Covid-19).

Wali Kota Depok Muhammad Idris mengatakan dalam intruksi tersebut
terdapat delapan unsur Perangkat Daerah (PD) yang diinstruksikan secara khusus untuk menangani masalah Covid-19.

“Saya instruksikan kepada Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelematan, Dinas Kesehatan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas Sosial, Satuan Polisi Pamong Praja, para Camat dan Lurah se-Kota Depok untuk bersama-sama mengoptimalkan perannya masing-masing,” ujar Mohammad Idris, Rabu (19/08/20).

Dalam instruksinya, Mohammad Idris meminta Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 untuk melakukan konsolidasi dan mengambil langkah taktis pengendalian kasus. Semua itu guna mendukung keberlangsungan perekonomian rakyat di tengah masa pandemi.

Sedangkan Kepala Dinas Damkar dan Penyelematan, diinstruksikan supaya melakukan pencegahan kasus secara masif dan mengaktifkan kembali Kampung Siaga Covid-19. Lalu Kepala Dinas Kesehatan agar melakukan upaya penanganan kasus dengan mengencarkan peningkatan jumlah Uji Swab PCR.

“Kepala Diskominfo agar melakukan sosialisasi dan pemberian informasi pencegahan kasus secara masif. Sementara Kepala Dinsos melakukan pemenuhan logistik bagi kelompok masyarakat rentan secara ekonomi yang melakukan isolasi mandiri,” ujarnya.

Selain itu, dirinya juga menugaskan Kepala Satpol PP untuk melakukan pengawasan dan penertiban protokol kesehatan pada semua aktivitas masyarakat dengan pendekatan wilayah. Kemudian, camat dan lurah membantu tugas kepala PD di wilayahnya masing-masing.

Terakhir, Mohammad Idris menekankan agar seluruh pejabat yang mendapat instruksi ini melaporkan hasil kegiatan secara rutin. Baik harian, mingguan, maupun bulanan.

“Dimohon agar instruksi ini dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab,” pungkasnya.