DepokNews- Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan keberadaan IMB, sangat penting agar bangunan liar tidak semakin banyak. Hal ini terkait wacana penghapusan IMB dari pemerintah pusat, karena pengusaha keberatan dengan syarat yang diajukan, ditanggapi serius

Menurut Idris, hal tersebut baru sebatas wacana. Tetapi, tetap ada pembahasan juga di masing-masing daerah.

“Untuk Kota Depok sendiri, kami akan melakukan evaluasi. Jangan sampai ini malah membuat permasalahan baru dalam kegiatan pembangunan, khususnya di kota/kabupaten masing-masing,” kata Idris.

IMB, lanjutnya, harus tetap ada untuk mengatur pembangunan di Kota Depok. Jika IMB dihapuskan, justru akan menambah masalah baru dengan hadirnya bangunan-bangunan liar.

“IMB harus ada, kalau tidak ada, siapa pun bisa bangun sembarangan. Jadi, memang harus ada aturannya,” lanjutnya.

Namun demikian, dirinya menyebut, untuk Kota Depok tidak terlalu berpengaruh. Mengingat, Kota Depok menjadi penyangga Ibu Kota.

“Depok tidak terlalu terasa jika memang wacana ini disahkan. Kita bisa cari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dari kantong yang lain. Misal, hibah provinsi, hibah dari DKI Jakarta dan lain-lain. Apa pun kebijakan yang dibuat, semoga untuk kebaikan serta kemajuan wilayah,” tandasnya.(mia)