Wali Kota Depok, Mohammad Idris saat menjadi khatib pada kegiatan Salat Idulfitri di masjid Agung Balai Kota Depok, Jumat (15/06/18). (Foto: Bima/Diskominfo).

Wali Kota Depok: Idulfitri Sebagai Momentum Untuk Jaga Kebaikan yang Telah Dilakukan Selama Bulan Ramadan

Posted on 3,192 views

DepokNews–Peringatan Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1439 Hijriah bagi umat Islam di Kota Depok tidak hanya dimaknai sebagai keberhasilan setelah menjalankan ibadah puasa di Bulan Ramadan. Namun, hal tersebut juga dapat menjadi pendorong untuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama. Karena itu, Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengajak masyarakat agar menjadikan Hari Raya Idul Fitri sebagai momentum untuk menjaga kebaikan-kebaikan yang sudah ditanam selama Bulan Ramadan.

“Di hari raya Idulfitri ini bagaimana kita bisa merawat berbagai kebaikan yang sudah kita lakukan di Bulan Ramadan. Biasanya merawat kebaikan ini lebih sulit dan membutuhkan berbagai proses yang perlu diperhatikan,” tutur Idris, sapaan akbarnya, kepada depok.go.id, usai menjadi khatib salat Idul Fitri di masjid Agung Balai Kota Depok, Jumat (15/06/18).

Lebih lanjut, ucap Mohammad Idris, momen Idulfitri yang dirayakan pada hari ini dimaknai sebagai hari kembali ke fitrah, kembali kepada Al-Haq (kebenaran), dan kembali kepada islam dengan seluruha ajarannya secara utuh dan menyeluruh. Karena itu, Idulfitri diawali dengan takbir sejak terbenam matahari pada hari terakhir Bulan Ramadan sampai pada imam memimpin salat Idulfitri dan dilanjutkan dengan pelaksanaan salat Idulfitri.

“Untuk itu, dengan berakhirnya bulan Ramadan, bukan berarti putus hubungan kita dengan Allah Ta’ala, berakhir hubungan kita dengan masjid, dengan Quran, dan silaturahmi kita dengan sesama. Tetapi harus terus melestarikan amal shaleh dan melanjutkan serta meningkatkan nilai taqwa sebagai tanda bukti keberhasilan latihan taat, patuh, dan disiplin selama Ramadan,” ujarnya.

Dirinya juga berharap kepada seluruh warga Kota Depok untuk menjaga kebersihan lingkungan selama Hari Raya Idulfitri. Pasalnya, pihaknya meliburkan petugas kebersihan selama dua hari ke depan.

“Dari sisi pemerintahan, kita meliburkan petugas kebersihan selama dua hari ke depan. Untuk itu, kita meminta kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan selama hari raya ini,” tandasnya.

sumber: depok.go.id