Wakil Walikota Depok Ngobrol Bareng Petani Belimbing

Posted on 7 views

DepokNews — Wakil Walikota Depok Pradi Supriatna meluangkan waktu untuk kumpul bersama dengan Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Asosiasi Belimbing Kota Depok di Kediaman Bapak Nanang Yusup (Ketua Kelompok Tani Kali Licin dan Ketua Asosiasi Belimbing Depok), Jl. Kali Licin Kp. Pitara, Pancoran Mas, Jum’at (31/3/17).

Wakil Kota Depok Bersahabat menjelaskan, kumpul bersama dengan format ngobrol santai ini sebagai salah satu bentuk keprihatinan kami terhadap petani, karena Depok Sahabat Petani. “Dengan begini kami bisa mendengar langsung apa yang menjadi keinginan dan kebutuhan petani. Karena kami terus berupaya untuk mengingatkan agar tempat atau wilayah tanaman belimbing bisa terpelihara,” jelasnya.

Dalam kesempatan itu, perwakilan KWT Ibu Yanti meminta agar PEmkot menyediakan galeri untuk oleh-oleh khas Depok di setiap Kecamatan. Hal tersebut bisa membantu memperkenalkan produk Depok dan meningkatkan marketing juga penjualan. Perwakilan Asosiasi Belimbing Bapak Adi meminta untuk peningkatan produktivitas belimbing.

Pradi mengakui bahwa belimbing menjadi produk unggulan kota Depok. “Belimbing menjadi media yang bisa mengenalkan Depok ke dunia luar. Kami ingin belimbing ataupun olahannya bisa terus menjadi buah tangan. Hal tersebut terbukti dengan adanya took pusat oleh-oleh khas Depok yang tak jauh dari Jalan Tol Cijago,” tuturnya.

Terkait dengan penyediaan gerai, Pria asli Beji ini menginformasikan bawa Pemkot akan membangun 1000 kios UMKM untuk menempatkan produk-produknya. Untuk meningkatkan produktivitas belimbing, hendaknya belimbing juga bisa ditanam dilahan pekarang rumah. “Kami akan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi aktif dan mendorong untuk menanam belimbing di halaman rumahnya,” ujar Pradi seraya menghimbau KWT dan Asosiasi Belimbing, untuk membuat usulan yang konstruktif kepada OPD terkait.

Disana, Wakil Walikota juga meminta Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Depok serta Dinas Koperasi dan Usaha Mikro untuk memberi perhatian khusus kepada para petani belimbing ini. Ngobrol santai tersebut dihadiri Kapolsek Pancoran Mas, Kelompok Tani Kali Licin, Asosiasi Belimbing, KWT, dan Lurah Pancoran Mas, dan perwakilan OPD terkait.