Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono (IBH). (Istimewa)

DepokNews – Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono (IBH) memberikan tiga prinsip atau landasan untuk mengatasi masalah lingkungan kepada Komunitas Bank Sampah Kota Depok. Tiga landasan tersebut ialah ketuhanan, kemanusiaan dan kebangsaan.

Menurutnya, orang yang ingin terjun di bidang pelestarian lingkungan harus memiliki tiga landasan tersebut. Seperti, orang yang memiliki landasan ketuhanan, maka seseorang itu akan bekerja apapun yang terjadi.

“Karena Allah memerintahkan kita untuk menjaga lingkungan yang ada di sekitar kita,” tuturnya dalam Web Seminar Pelopor Peduli Lingkungan, Minggu (20/06/21).

Ia mengatakan, landasan yang kedua ialah kemanusiaan. Landasan ini terbagi menjadi dua hal, yaitu menjaga lingkungan hidup dan bisnis.

“Contohnya ketika kita memilah sampah di lingkungan supaya bisa terurai secara baik dengan memisahkan sampah organik dan anorganik. Dari landasan kemanusiaan pertama kita menjaga lingkungan dan yang kedua kita mendapatkan hasil dari pemisahan dan menjual produk-produk plastik yang kita pilah,” jelasnya.

Terakhir, ialah landasan kebangsaan. Caranya dengan menjaga nama baik bangsa Indonesia dan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Jangan sampai Indonesia dikenal sebagai negara pencemar lingkungan hidup di dunia.

Untuk itu, IBH berharap, kepada semua pihak di dalam pelopor peduli lingkungan dapat bekerja sama dengan Pemkot Depok dalam mengelola sampah. Serta menjaga nama baik Kota Depok.

“Semoga dengan adanya peran kita di Komunitas Peduli Lingkungan ini bisa mempercepat terjadinya penyadaran kepada masyarakat untuk tidak buang sampah. Selain juga bisa merubah pola pikir kita, sampah bukan lagi musibah, karena dapat menjadi berkah,” tutupnya. 

Sumber : depok.go.id