Wakil Wali Kota Depok Pimpin Upacara Hari Kebangkitan Nasional Ke-110

Posted on 457 views

DepokNews — Hari ini Pemerintah Kota Depok menggelar upacara dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional yang diperingati tiap tanggal 20 Mei. Pada Upacara yang dirangkai dengan Hari Kesadaran Nasional bulan Mei ini, Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna bertindak selaku Inspektur Upacara, memimpin langsung jalannya upacara yang diikuti oleh Aparatur sipil Negara di lingkup Pemerintah Kota Depok dan unsur TNI/Polri.

Pada Upacara yang berlangsung di Lapangan Upacara Balaikota Depok, Senin (21/05/2018), seluruh peserta upacara dengan khidmat mengikuti jalannya upacara. Upacara diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, mengheningkan cipta yang dipimpin Inspektur Upacara dilanjutkan dengan pembacaan Naskah Pancasila, Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, Panca Prasetya Korps Pegawai Republik Indonesia oleh ASN Pemkot Depok dan pengucapan Sapta Marga oleh Babinsa Kota Depok.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna selaku Inspektur Upacara juga menyerahkan penghargaan kepada Babinsa berprestasi, dengan didampingi oleh Dandim 0508/Depok Letkol Inf. R. Moch. Iskandarmanto dan Sekretaris Daerah Kota Depok, Hardiono. Sebanyak tujuh Babinsa berprestasi mendapatkan penghargaan dari Panglima Kodam Jaya/Jayakarta.

Wakil Wali Kota Depok, Pradi Supriatna dalam amanatnya membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara. Dikatakannya, dalam momentum Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-110 yang mengusung tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional Indonesia Dalam Era Digital”, harus dimaknai dengan upaya-upaya penyadaran setiap masyarakat Indonesia, untuk mengembangkan diri dan merebut setiap peluang untuk meningkatkan kapasitas diri yang dibuka oleh berbagai pihak, baik oleh pemerintah, badan usaha, maupun masyarakat sendiri.

“Pengembangan kapasitas Sumber Daya Manusia juga harus diletakkan dalam konteks pemerataan dalam pengertian kewilayahan, agar bangsa ini bangkit secara bersama-sama dalam kerangka kebangsaan Indonesia,” ujarnya. Ditemui usai upacara, dirinya juga mengatakan moment Harkitnas ini menjadi media seluruh elemen masyarakat dalam mempersatukan bangsa sekaligus meningkatkan wawasan kebangsaan demi NKRI.

“Untuk mempersatukan bangsa, semua elemen masyarakat harus saling menghormati keberagaman yang ada, jangan menjadikan perbedaan menjadi alasan untuk bercerai-berai,” kata Pradi. Senada dengan tema Harkitnas Ke-110 ini, dirinya mengajak semua pihak khususnya ASN Pemkot Depok, untuk mengasah keterampilan, meningkatkan dan memaksimalkan keahlian untuk mewujudkan Depok yang Unggul, Nyaman dan Relijius.