DepokNews–Wakil walikota Depok, Imam Budi Hartono (IBH) meresmikan pasar ikan hias rakyat di Jalan Banyuasin Raya No. 1, Kelurahan Abadi Jaya, Kecamatan Sukmajaya Kota Depok, Rabu (10/).

Imam kepada wartawan mengatakan
pasar ikan hias Musi ini sudah mulai dirintis sejak beberapa bulan lalu.

“Saat itu saya bertemu dengan pak Bintang di rumahnya, juga kita sering bertemu di bazar Ikan di kawasan Cimanggis. Dari dialog-dialog dengan teman-teman komunitas ikan hias serta di fasilitasi oleh Kepala Dinas Indag pak Jamrowi, jadilah teman-teman ini punya tempat yang layak untuk berdagang ikan, saya ucapkan terima kasih untuk itu”, katanya.

Imam menjelaskan bahwa pasar ikan hias di dunia itu didominasi oleh Indonesia.

“Sebesar 75 persen pasar ikan hias dunia berasal dari Indonesia. Dan Kota Depok ini menyumbang 80 juta ikan hias pertahun. Sungguh luar biasa”, katanya.

Sejak lama produksi ikan hias dari Sawangan dan Bojongsari sudah dikenal oleh dunia.

“Masalahnya Depok nya belum naik nih namanya, oleh karena itu saya berharap kepada kepala dinas menjadi PR bersama bagaimana supaya Kota Depok akan naik ratingnya sebagai penghasil ikan hias di pasaran dunia”,katanya.

Jenis-jenis ikan hias asal Depok sudah bagus-bagus seperti ikan neon dan ikan cupang.

Bahkan penjualan online ikan cupang asal Depok sudah masuk pasaran ekspor hingga ke Amerika.

Untuk pasar offline diharapkan tidak hanya dikenal di lokasl depok saja namun bisa menjadi pasar bertaraf nasional bahkan internasional.

“Jangan tanggung-tanggung, tidak hanya local di Kota Depok saja, harus bisa menjadi Pasar Ikan Hias Nasional atau bahkan tingkat Internasional,”katanya.

Terus semangat dalam melakukan inovasi-inovasi baru supaya orang dari luar datang ke Depok.

Dengan adanya sosialisasi yang gencar dan terus menerus mempromosikan agar seluruh warga Depok, warga Indonesia bahkan warga dunia tahu bahwa di Depok ada pasar ikan hias baru di Pasar Musi Kota Depok.