DepokNews – Polres Metro Depok hari ini resmi melakukan launcing Program ETLE bertempat di Aula Atmani Adhi Wedhara Polres Metro Depok.

Dalam kesempatan ini turut hadir, Dandim 0508/Depok, Kolonel Inf. Agus Isrok Mikroj, Ketua DPRD TM Yusufsyah Putra, Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono serta Kapolres Metro Depok, Kombes Pol. Imran Erwin.

Wakil Wali Kota Depok,Imam Budi Hartono mengatakan program ETLE ini merupakan langkah maju yang harus disosialisasikan ke seluruh masyarakat

“Kita harus sampai ke semua pihak bahwa kita sekarang sedang melaunching yang dikenal tilang elektronik,”ujarnya. Rabu 24 Maret 2021.

Menurutnya program ini sebagai upaya tertib lalu lintas seperti memakai sabuk, tidak melanggar rambu dan jangan menggunakan handphone saat menyetir mobil.

“itu saran dari kami. Program ini juga akan meminimalisir pelanggaran dan lebih tertib lalulintas. Kemudian mengurai kemacetan,”katanya.

“karena tidak boleh sembarangan berhenti karena akan ada CCTV ataupun kamera yang memotret setiap pelanggaran,”pungkasnya.

Sementara itu Kasat Lantas Polres Metro Depok, AKBP Andi Muhamad Indra Waspada mengatakan, pagi hari ini tadi kita saksikan bersama bahwa di Polres Metro Depok telah melaunching ETLE sebagai tindak lanjut launching ETLE tingkat nasional yang dilaksanakan kemarin oleh Kapolri.

“Untuk sementara ini di wilayah hukum Polresta Depok Baru ada 1 titik kamera yaitu di JPO depan Walikota. Adapun pelanggarannya sendiri sementara ini bertahap yaitu pertama adalah pelanggaran penggunaan sabuk keselamatan dengan menggunakan handphone pada saat berkendara.
Namun demikian dalam waktu dekat nanti juga kita akan menggali pelanggaran tidak menggunakan helm,” ujar Andi. Rabu (24/03/2021)

Andi juga menjelaskan kedepan aplikasi berkaitan dengan sistem pelanggaran tidak menggunakan helm sudah bisa digunakan di ETLE Polres Metro Depok.

“Jadi untuk ETLE sendiri di Polres Metro Depok mulai kemarin sudah profesional.
Dari kemarin sudah beroperasi dan ini sudah proses. Tapi untuk datanya sendiri saya masih himpun nanti akan saya sampaikan kepada teman-temannya media,” jelasnya.

Terkait penindakan ditempat, Ia mengatakan tetap akan ada. Namun akan dilihat ke depannya.

“Nanti kedepan sudah berangsur-angsur, seperti saya sampaikan tadi jadibegitu ada sistem ETLE mobile sudah tidak ada lagi manual anggotanya masalah patroli menegur, mengcapture otomatis sudah.

Ia juga menghimbau khususnya warga Kota Depok agar mematuhi peraturan lalu lintas.

“Jadi Kami menghimbau pada seluruh masyarakat untuk sadar dan tertib berlalu lintas,” pungkasnya.