DepokNews–Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Hartono yang juga alumni Universitas Indonesia akan memberikan materi pembelajaran bagi mahasiwa untuk memperkenalkan tentang kepemimpinan dan peluang usaha di era otonomi daerah.

“Saya diminta oleh vokasi UI untuk mengisi salah satu materi pembelajaran bagi mahasiswa untuk memperkenalkan tentang kepemimpinan dan peluang usaha di era otonomi daerah,” katanya, Jumat (4/6/2021). Materi ini akan diberikan melalui zoom meeting pada Sabtu (5/6/2021).

Menurut Imam Budi Hartono, banyak kalangan pelajar atau bahkan mahasiswa yang belum mengerti tentang otonomi daerah, sedangkan mahasiwa adalah orang-orang yang menjadi harapan bangsa Indonesia kedepan menjadi seorang pemimpin.

“Namanya vokasi itu adalah sebuah kuliah yang diharapkan bisa membuka lapangan usaha maka dibuatlah tema untuk kegiatan ini dengan tema kepemimpinan dan peluang usaha di era otonomi daerah. Para mahasiswa diharapkan mengerti tentang apa itu otonomi daerah. Zamannya sudah berubah, dari dulu sentralistik sekarang menjadi desentralisasi dengan memberikan otonomi di berbagai daerah di Indonesia. Hal ini harus dijelaskan kepada mereka tentang kemajuan-kemajuan kewenangan kewenangan yang diberikan pusat oleh daerah sehingga mereka punya gambaran secara utuh tentang apa itu otonomi daerah,” katanya

Dihelaskan Imam Budi Hartono, kalau sangat sedikit anak muda yang memahami tentang pemerintahan mudah-mudahan dengan hadirnya saya disini bisa memberikan informasi yang sejelas-jelasnya tentang apa itu otonomi daerah di dalam otonomi daerah ini juga kan kita menghasilkan para pemimpin baru yang sejak 2004 kita sudah mulai melakukan yang namanya pemilihan kepala daerah baru. Dengan munculnya undang-undang tersebut memungkinkan setiap warga negara Indonesia menjadi seorang pemimpin apalagi seorang mahasiswa ya biasanya ada organisasi-organisasi mahasiswa yang memungkinkan punya potensi baik sebagai seorang pemimpin.

“Mahasiwa kelak bisa menjadi seorang pemimpin dalam berbagai tingkat atau jenjang. Bisa di tingkat sebuah kota atau kabupaten, propinsi atau tingkat nasional bahkan bisa menjadi seorang presiden,” tambahnya.

“Saya ingin memberikan semangat kepada teman-teman mahasiswa yang sudah aktif di organisasi insya Allah apa yang sudah dilakukan organisasi akan bermanfaat nanti ketika sudah keluar dari perguruan tinggi ataupun dari sekolah yang mereka lakukan selama ini menjadi pengalaman yang berharga untuk terjun ke masyarakat,” tuturnya penuh semangat.

Imam Budi Hartono juga menjelaskan, menjadi seorang pemimpin hal kedua yang harus dimiliki adalah mengoptimalkan peluang usaha diwilayah yang dipimpinnya.

“Vokasi ini dibentuk juga dalam rangka mengoptimalkan peluang-peluang usaha yang harus bisa menjadi bekal sebagai seorang mahasiswa menjadi bekal hidup, menjadi modal untuk membuka usaha bagi masyarakat diwilayahnya,” tambahnya.

“Kota Depok punya potensi, yang dimungkinkan nanti para mahasiswa turut berpikir mengira-ngira, dengan potensi yang dimiliki, jumlah penduduk yang cukup besar sekitar 2 jutaan, potensi sumber daya alam seperti sungai, situ dan lainnya merupakan potensi yang besar untuk bisa menjadikan peluang usaha di masa yang akan datang,” pungkasnya.

Mahasiswa atau pelajar yang akan bergabung dalam kegiatan ini berikut link zoom meetengnya

Topic: Kuliah Umum : Kepemimpinan dan peluang usaha di era Otonomi Daerah
Time: Jun 5, 2021 01:00 PM Jakarta

Join Zoom Meeting
https://vokasi-ui-ac-id.zoom.us/j/91830550298?pwd=eEQ1NHl1NHFaN0YreDdPQU9tUGh2dz09

Meeting ID: 918 3055 0298
Passcode: 032712