DepokNews–Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono menghadiri launching electronic traffic law enforcement (ETLE) Nasional di Polda Metro Jaya, Jl. Jend. Sudirman no 55, Jakarta Selatan, Selasa (23/3/2021).

Imam Budi Hartono menjelasakan, ETLE diprakarsai oleh Kapolri yang akan diberlakukan pada 12 provinsi atau 12 Kapolda di Indonesia termasuk di dalamnya Polda Metro Jaya dan Polda Jawa Barat.

“Tilang elektronik ini akan diberlakukan, sehingga secara otomatis setiap pengemudi yang melanggar lalu lintas baik yang melanggar marka jalan, lalu juga menggunakan handphone pada waktu menyetir kendaraan, lalu berhenti di tempat-tempat yang di larang dan lain sebagainya termasuk menunggak pajak akan kena tilang langsung secara otomatis dengan sistem elektronik.

Menurut Imam Budi Hartono, ETLE meruppakan kemajuan yang luar biasa. Tilang elektronik ini akan membuat para pengendara lebih tertib berlalu lintas.

“Dengan ETLE ini seluruh komponen masyarakat yang berkendara dapat tertib lalu lintas sehingga dapat mengurangi kecelakaan dan juga kemacetan lalu lintas,” tambah Imam Budi Hartono.

Dengan sistem ini kejadian-kejadian kriminal yang ada di sepanjang jalan, kekerasan ataupun kriminalitas yang terjadi di jalan akan terekam sehingga bisa membantu aparat kepolisian mendeteksi kejahatan-kejahatan yang terjadi.

“Kami mendukung, saya mendukung sebagai Wakil Wali Kota Depok akan turut menegakkan ini, tilang elektronik maupun dalam rangka menjaga keamanan Kota Depok yang kita cintai,” tutup Imam Budi Hartono.