DepokNews – Wakil Wali Kota Depok, Imam Budi Hartono melalui kanal youtube pribadinya, menyampaikan tausiah Ramadan. Dalam tausiah kali ini Imam Budi menyampaikan hal-hal yang harus dijauhi oleh kaum muslimin apalagi saat ini masuk bulan suci Ramadan.

Imam Budi merujuk pada surat Al-Maidah ayat 90.

يٰۤاَيُّهَا الَّذِيۡنَ اٰمَنُوۡۤا اِنَّمَا الۡخَمۡرُ وَالۡمَيۡسِرُ وَالۡاَنۡصَابُ وَالۡاَزۡلَامُ رِجۡسٌ مِّنۡ عَمَلِ الشَّيۡطٰنِ فَاجۡتَنِبُوۡهُ لَعَلَّكُمۡ تُفۡلِحُوۡنَ

Wahai orang-orang yang beriman! Sesungguhnya minuman keras, berjudi, (berkurban untuk) berhala, dan mengundi nasib dengan anak panah, adalah perbuatan keji dan termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah (perbuatan-perbuatan) itu agar kamu beruntung.

Tausiah tersebut di awali dengan flim pendek pemuda yang bermabuk-mabukan.
“Kita melihat bagaimana pemuda dan teman-temannya bermabuk-mabukan padahal pemuda tersebut tahu bahwa hal itu dilarang. Banyak sekali di antara kita yang tetap melakukan hal-hal yang dilarang Allah meski sudah tahu,” katanya, Senin (12/04/2012).

Imam Budi juga menyampaikan hadist Abdullah Ibnu Abbas RA.

Dari Ibnu ‘Abbas, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
اِغْتَنِمْ خَمْسًا قَبْلَ خَمْسٍ : شَبَابَكَ قَبْلَ هَرَمِكَ وَ صِحَّتَكَ قَبْلَ سَقَمِكَ وَ غِنَاكَ قَبْلَ فَقْرِكَ وَ فَرَاغَكَ قَبْلَ شَغْلِكَ وَ حَيَاتَكَ قَبْلَ مَوْتِكَ

Manfaatkan lima perkara sebelum lima perkara : Waktu mudamu sebelum datang waktu tuamu, waktu sehatmu sebelum datang waktu sakitmu, masa kayamu sebelum datang masa kefakiranmu, masa luangmu sebelum datang masa sibukmu, hidupmu sebelum datang kematianmu.

“Mari kaum muslimin, kita selalu berbuat baik di bulan suci Ramadan ini, jangan sampai Ramadan menjadi sia – sia. Semoga kita bisa memaksimalkan ibadah selama bulan suci ini,” ujarnya.