Wah! Puskesmas Sawangan Menerapkan Sistem Antre Digital

Posted on 6 views

Kabar gembira untuk Anda warga Kecamatan Sawangan yang ingin berobat di Puskesmas, Anda tidak perlu mengantre menunggu nomor panggilan yang cukup lama ini. Dengan mengikuti peralihan zaman ke era digital, kini warga yang akan berobat di puskesmas ini dapat mengambil nomor antrean secara digital yang telah disiapkan sesuai poli yang dituju.

“Keberadaan alat digital mengambil nomor urut antrean sesuai poli yang dituju mulai dilakukan sejak awal Januari 2017 ini untuk mengurangi antrean pendaftaran yang biasanya terjadi,” kata Kepala UPT Puskesmas Sawangan, Elin Herliana kepada wartawan, Rabu (11/1).

Digitalisasi dalam pelayanan kesehatan di tingkat puskesmas ini ditujukan untuk mempermudah dan mempercepat warga antre saat menunggu panggilan pendaftaran saat warga ingin berobat di Puskesmas Sawangan layaknya seperti nasbah ingin antre di bank.

Mereka yang ingin berobat langsung disapa dan diarahkan petugas untuk mengambil nomor ke loket pelayanan yang sudah disediakan.

Menurut dia, warga atau pasien setelah sampai di alat digital tersebut pasien akan memilih tombol yang bertuliskan tujuh poli di puskesmas antara lain Poli Umum, Lansia, Anak, KIA/KB, Gigi, Laboratorium, dan Poli TB Paru.Kemudian menunggu panggilan untuk diperiksa dokter.

Setelah diperiksa dokter, tambah dia, pasien akan menunggu untuk mengambil obat di apotek atau farmasi. “Yang jelas warga yang ingin berobat di Puskesmas Sawangan akan dipandu petugas untuk memudahkan mereka mendapatkan pelayanan kesehatan,” tuturnya.

Seperti yang dilansir dari poskotanews.com, Nyonya Imas, satu warga Sawangan, saat berobat di pusat pelayanan kesehatan tersebut, mengatakan awalnya sebagian besar warga yang ingin berobat di Puskesmas memang agak bingung dan canggung berkaitan pemakaian nomor digital untuk antre tapi lama-kelamaan mereka paham dan lebih mudah. “Lebih mudah dan sama sekali tak perlua harus berebut giliran berobat ke dokter atau ruang poli yang dituju,” ujarnya.