Wah! Kini Perpustakaan Depok Makin Lengkap Dengan Menambah Koleksi Digital

Depoknews.id, Depok – Demi melengkapi koleksi buku Perpustakaan Umum Depok, selain menyediakan koleksi buku-buku fisik, perpustakaan juga akan menambah koleksinya dengan buku digital.

Dengan dukungan sistem digital diharapkan makin memudahkan warga Depok mengakses koleksi buku yang ada di Perpustakaan Umum Depok. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok sangat menunggu kehadiran buku digital tersebut.

Penyediaan buku digital ini adalah salah satu dari paya digitalisasi dan modernisasi Perpustakaan Umum Kota Depok. Salah satunya dengan menerapkan sebuah aplikasi yang diberi nama Integrated Library Information System Lite (Inlis Lite) yang berafiliasi langsung dari Perpustakaan Nasional.

Sistem ini dapat menyajikan data seperti jumlah peminjaman, jumlah pengunjung yang datang ke Perpustakaan Umum Kota Depok, jumlah buku yang dikembalikan, pendataan dan pengolahan buku yang baru masuk, maupun keanggotaan masyarakat yang sudah mendaftar di Perpustakaan Umum Kota Depok. Tidak hanya itu, akses checkpoint juga sudah dibuat digital dengan memakai aplikasi Inlis Lite.

Plt Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Depok, Asep Roswanda mengatakan aplikasi Inlis Lite ini bisa secara otomatis membuat grafik pengunjung yang hadir ke Perpustakaan baik untuk harian, mingguan, maupun bulanan. Untuk buku-bukunya juga sudah di data secara digital, jadi tidak lagi mendata secara manual. Buku masuk dan keluar sudah tinggal di scan barcode saja, tidak ditulis lagi di belakang buku.

Keberadaan Perpustakaan Umum Kota Depok sendiri cukup diminati. Ini terbukti dengan banyaknya warga yang berkunjung. Tercatat pada tahun 2016 saja, ada sekitar 27 ribu pengunjung yang datang ke Perpustakaan Umum Kota Depok. Jumlah ini lebih besar dibandingkan data 2015 yang hanya 25 ribu pengunjung.

“Tahun 2017 ini target kita sampai 29 ribu pengunjung yang datang. Tentunya kami akan menguatkan pelayanan dan meningkatkan sarana dan prasarana, serta tak kalah pentingnya kami akan membuat program-program yang kreatif agar masyarakat semakin banyak dan cinta berkunjung ke perpustakaan,” harap Asep.

Untuk jumlah koleksi buku yang ada di Perpustakaan Umum Depok, ada sekitar 11 ribu buku yang tersedia dan bisa dibaca pengunjung. “Seluruh koleksi buku ini didapat dari pengadaan berdasarkan APBD Kota Depok, sumbangan CSR, bantuan Provinsi Jawa Barat, maupun bantuan yang berasal dari Perpustakaan Nasional,” ungkap Asep.