Waduh! PMI Depok Kekurangan Stok Darah, Yuk Donor Darah

Depoknews.id, Depok – Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok saat ini tengah menjaga kestabilan ketersediaan stok darah. Hal ini dibuktikan dengan rutinnya pelaksanaan kegiatan donor darah di setiap wilayah di Kota Depok.
Seperti yang diadakan di Masjid Miftahul Wasliyah, yang terletak di Perumahan Pondok Tirta Mandala, RT04/18 Kelurahan Sukamaju, Cilodong.
Kasi Pelayanan pada PMI Kota Depok, Imron Maulana, mengatakan, setiap tiga bulan sekali pihaknya mengadakan donor.
“Biasanya kami kerja sama dengan karang taruna, RT dan RW,” kata Imron, mengawali perbincangan dengan Radar Depok.
Selain melakukan kerja sama, katanya, PMI juga sering diundang beberapa kesempatan untuk melakukan donor.
“Karena idealnya setiap bulannya jumlah kantong darah sebanyak 600 kantong, dan jika dijumlahkan 7.200 kantong pertahunnya,” kata Imron.
Saat ini, lanjut Imron, persediaan darah di PMI 580 kantong. “Jika melihat idealnya masih kurang 20 kantong lagi. Tapi mudah-mudahan jumlah tersebut cukup untuk satu bulan kedepan,” katanya.
Imron merinci, jumlah kantong darah untuk masing-masing golongan, untuk golongan darah O berjumlah 210 kantong, golongan A 200 dan golongan darah AB 170 kantong.
Keutamaan donor darah, menurut Imron, selain menjaga stok darah di PMI juga untuk mengontrol kesehatan secara rutin.
Melindungi jantung, membentuk sel darah baru dan menghindari penyakit lainnya.
“Juga untuk mengurangi stres dan pikiran jadi stabil,” kata Imron.
Sedangkan pengurus DKM Miftahul Wasliyah RT04/18 Kelurahan Sukamaju, mengaku rutin mengadakan donor darah yang bekerja sama dengan PMI.
Ketua panitia donor, Heru Martanto, mengatakan, kegiatan rutin dilaksanakan setiap lima bulan sekali.
“Kami minta kantongnya 100, tapi dikasihnya hanya 75. Dengan alasan kuota kantong yang terbatas di PMI. Tapi alhamdulillah semua banyak yang ingin beramal,” ujar Heru.