Wacana Pembangunan Alun-Alun Depok Akan Dikaji Tahun Ini

Posted on

DepokNews- Dalam paparan rencana pembangunan kota Depok tahun 2017, salah satu yang akan menjadi rencana pembangunan adalah pengadaan alun-alun kota sebagai salah satu pencapaian ruang terbuka hijau. Saat ini sedang dalam proses kajian mengenai lokasi dan juga pembelian lahan.

“Untuk saat ini fokusnya adalah mengenai lahan, jika sudah ada lokasinya maka nantinya akan kita teruskan pembuatan DED untuk selanjutnya dilaksanakan pembangunan pada tahun berikutnya. Untuk lokasi sendiri yang jelas kami ingin berada di tengah-tengah kota,” jelas walikota Depok Mohammad Idris.

Dirinya juga mengatakan bahwa mengenai alun-alun ini, Pemkot akan melibatkan partisipasi warga terhadap pembangunan alun-alun ini. Nantinya Pemkot melalui Dinas Permukiman dan Perumahan (Diskimrum) akan mengadakan lomba desain alun-alun tersebut sehingga nantinya infrastruktur alun-alun terbentuk atas dasar keinginan dari masyarakat Depok sendiri.

“Alun-alun ini kan dibangun untuk masyarakat, jadi kita butuh partisipasi masyarakat juga dalam menentukan desainnya,” tambah Idris.

Selain itu, pembangunan taman di tiap kecamatan juga menjadi prioritas di tahun ini. Hal ini mengacu kepada upaya Depok menjadi kota layak anak dan ramah lansia melalui peningkatan infrastruktur yang mengakomodasi lansia dengan penyediaan taman yang terintegrasi antara anak dan lansia.

“Kalau taman kota terpadu ada di tiap kecamatan dan sudah dilaksanakan sejak tahun lalu. Sukmajaya dan Pancoranmas adalah kecamatan yang sudah memiliki banyak taman, untu tahun ini akan kami bangun di lokasi lain,” ujarnya.

Selain taman dan alun-alun, pembangunan juga ada di bidang-bidang lain, diantaranya adalah bidang kesehatan yaitu penambahan dua lantai untuk gedung baru RSUD, pelayanan Puskesmas 24 jam. Bidang pendidikan antara lain adalah peningkatan gedung pendidikan melalui penambahan Ruang Kelas Baru (RKB).

“Rencana pembangunan tahun ini hingga kedepan adalah wujud keinginan kita semua untuk menjadikan Depok friendly city, yaitu kota yang bersahabat bagi warganya,” tutupnya.(mia/ruli)