Wali Kota Depok Muhammad idris

DepokNews– Wali Kota Depok, Muhammad Idris menilai pelebaran jalan bukanlah solusi atasi kemacetan. Sebab, mengurai kemacetan dengan melebarkan badan jalan, dikatakan Idris belum tentu menjadi solusi yang baik.

“Karena berbanding dengan penambahan penduduk dan kendaraan di Depok,” paparnya seusai melantik Forum Anak Depok di Balai Kota Depok, Pancoran Mas, Depok, Rabu (29/1/2010).

Menurutnya semakin dilebarkan badan jalan, maka tak menutup kemungkinan bila penambahan jumlah kendaraan juga meningkat.

” Untuk itulah wacana pembangunan transportasi publik berbasis rel atau monorel, sebagai salah satu solusi memecah kemacetan. Dan ini bukanlah hal yang mustahil terlebih di jaman teknologi moderen seperti ini,”katanya.

Meski demikian sebagai negara hukum, Idris mengatakan harus ada faktor yuridis bila ingin membangun monorel.

“Nah, ini Kemenhub yang berhubungan terkait dengan masalah yuridis dan ketentuan, mereka yang buat aturannya dan mengusulkan ke Presiden,” tutur Idris.

Selanjutnya untuk operasionalnya dilakukan oleh BPTJ, apakah nantinya dilakukan oleh Pemda atau bukan, Idris mengatakan hal tersebut tergantung dari dana yang dimiliki Pemda.

Bila nantinya Pemda dinilai sanggup dalam melakukan pembangunan, maka akan dilakukan.

“Karena satu zona itu kan (biayanya) Rp 3 triliun, kalau 4 (zona) berarti 3×4, Rp 12 triliun, kan kebanyakan, enggak punya duit maka akan kita jual konsepnya ke investor, nih siapa yang mau beli,” katanya.