Situ Cilodong (Istimewa)

Volume Air Setu Cilodong di Depok Berkurang 

Posted on 13 views
DepokNews- Bencana kekeringan yang akhir-akhir ini terjadi di beberapa daerah nampaknya akan terjadi juga di Kota Depok. Hal tersebut terlihat dari mulai berkurangnya volume air yang ada di Setu Cilodong Depok.
Warga sekitar Setu, Rofin mengatakan saat ini volume air yang ada di Setu Cilodong mulai berkurang. Hal tersebut disebabkan oleh intensitas hujan di wilayah Cilodong sangat kurang.
“Memang beberapa hari yang lalu hujan cukup besar di wilayah lain. Tapi kalau di daerah sekitar Setu hanya gerimis saja. Makanya itu berpengaruh terhadap air di Setu Cilodong,” jelasnya.
Menurut Rofin kemungkinan besar volume air yang ada di Setu Cilodong saa ini berkurang hingga  tiga meter.
“Volume air kalau dalam keadaan normal itu empat meter. Tapi saat ini kalau saya lihat  kemungkinan tinggal satu meter saja yang wilayah pinggir, sedangkan yang wilayah tengah,  itu tinggal 80 cm,” ungkapnya.
Warga lain, Maimunah menerangkan jika hujan hingga Oktober sampai November tidak turun  di Wilayah sekitar Setu,  kemungkinan Setu Cilodong akan berkurang. Sebab pada tahun 2015 hal tersebut pernah terjadi yaitu Setu Cilodong mengalami kekeringan yang cukup parah.
“2015 tahun lalu itu betul-betul keringnya parah bangat mas. Sampai sumur-sumur warga sekitar juga ikut kering. Makanya kita lihat saja,  kalau selama satu bulan ke depan tidak ada hujan yang mengguyur,  bisa kering,” katanya.
Saat ini kondisi Setu mulai menandakan bahwa air nya akan berkurang. “Coba lihat di wilayah pinggir. Kan kelihatan airnya makin kebawah,” ungkapnya.
Ia juga menuturkan bahwa kekurangan volume air seperti ini tidak hanya terjadi pada saat ini saja. Akan tetapi pada tahun sebelumnya hal sama juga  pernah terjadi.
“Kalau hujan tiga hari saja, setu ini akan kembali penuh airnya. Tapi jika tidak, bisa kurang airnya dan kemungkinan terburuknya kering,” tutupnya.(mia)