Vokasi UI Miliki Laboratorium Saham dan Galeri Investasi Bursa Efek Indonesia

DepokNews–Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI) bersama Bursa Efek Indonesia (BEI) dan PT Indo Premier Sekuritas meresmikan Laboratorium dan Galeri Investasi BEI sebagai sarana pembelajaran mahasiswa terkait investasi dan pasar modal pada Selasa (5/3)

Direktur Perdagangan dan Pengaturan BEI Laksono Widito kepada wartawan mengatakan Pendirian Laboratorium dan Galeri Investasi BEI ini juga dimaksudkan untuk mengenalkan pasar modal sejak dini kepada mahasiswa.

Galeri ini akan menjadi laboratorium bagi mahasiswa khususnya mahasiswa Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan.

“Saat ini, pendirian Galeri Investasi BEI berkonsep 3 in 1 yaitu kerjasama BEI, Universitas dan Perusahaan Sekuritas sehingga kami harapkan Civitas Akademika tidak hanya mengenal Pasar Modal dari teori saja namun dapat mengetahui praktik secara langsung terjadinya proses jual beli saham” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Administrasi Umum Vokasi UI Antony Sihombing mengatakan bahwa Galeri Investasi di Vokasi UI akan difungsikan sebagai laboratorium namun juga terbuka untuk umum.

“Kami senang semakin banyak industri yang berkomitmen untuk mendukung Vokasi UI melalui dukungan-dukungan fasilitas maupun tenaga ahli, salah satunya adalah BEI”katanya.

Mahasiswa akan praktik langsung di Galeri ini dan melakukan transaksi secara riil sehingga diharapkan saat mereka lulus, tidak ada lagi gap kompetensi antara lulusan dan kebutuhan industrim

Di galeri ini, civitas akademika dapat melakukan transasksi shama berupa reksadana atau lainnya. 

Vokasi UI menyelenggarakan pendidikan dengan kurikulum 3:2:1 dimana mahasiswa akan belajar teori dan praktik di laboratorium selama 3 semester, 2 semester belajar di industri dan 1 semester magang.

Adapun program studi pada Vokasi UI antara lain Administrasi Keuangan dan Perbankan, Adm. Asuransi dan Aktuaria, Adm Perkantoran dan Sekretari, Administrasi Perpajakan, Komunikasi, Manajemen Informasi dan Dokumen, Pariwisata, Akuntansi, Fisioterapi, Okupasi Terapi dan Perumahsakitan.

Lebih lanjut, Ketua Program Studi Administrasi Keuangan dan Perbankan, Dede Suryantonmengatakan bahwa Galeri Investasi ini sebagai representasi industri yang dapat dimanfaatkan sebagai laboratorium pembelajaran bisnis dan investasi pasar modal oleh semua Prodi di lingkungan Vokasi UI, riset pasar modal dan literasi bagi sivitas akademika dan masyarakat luas.

“Bulan pertama merupakan bulan uji coba, kami berharap bulan depan sudah dapat berjalan”katanya.Area lampiran

BalasTeruskan