DepokNews–Universitas Indonesia Vokasi membuka program studi Okupasi, dimana program ini dapat menjadi salah satu pilihan bagi siswa lulusan SMA/SMK sederajat dalam melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi.

Ketua Program Studi Okupasi Terapi Vokasi UI Gunawan Wicakcono kepada wartawan pada Senin (13/1) mengatakan
selain sangat dibutuhkan di dunia kesehatan, Okupasi Terapi merupakan profesi yang masih sangat langka karena hanya ada dua Perguruan Tinggi di Indonesia yang membuka jurusan tersebut, salah satunya di Universitas Indonesia.

Program Pendidikan Vokasi UI merupakan pendidikan tinggi kejuruan diploma (D3)  menerapkan kurikulum 3:2:1 dimana selama 3 semester mahasiswa belajar teori dan praktik di laboratorium, 2 semester studi kerja di dunia industri dan 1 semester magang.

Program studi ini menghasilkan Ahli Madya Okupasi Terapi yang mumpuni dalam melatih seseorang yang memiliki gangguan fisik serta jiwa untuk mampu mandiri dalam menjalani kehidupan sehari-hari atau Activity Day Living.

“Hingga tahun 2018, para lulusan prodi OT Vokasi terserap 100 persen di dunia kerja”katanya.

Okupasi terapi merupakan profesi kesehatan bertujuan meningkatkan derajat kesehatan pasien melalui aktivitas.

Beberapa kondisi yang dapat ditangani oleh seorang Okupasi Terapis antara lain adalah gangguan perkembangan, gangguan sensori, system saraf, jantung, gangguan pada kulit, cidera, gangguan otot dan sendi, gangguan kognisi dan psikomotor, gangguan kesehatan mental.

“Kami Vokasi UI bermitra dengan berbagai industri terkait sesuai dengan pilihan prodi yang ada serta menyusun kurikulum sesuai dengan perkembangan kebutuhan profesi”katanya.



Area lampiran