Aksi Vocademia saat pentas (Istimewa)

Vocademia UI Raih Medali Emas di Ajang Musik Internasional

Posted on 19 views
DepokNews- Sejumlah mahasiswa, dosen dan alumni Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam vokal grup bernama Vocademia UI berhasil membawa pulang medali emas pada kategori Pop dalam ajang world-class choir competition bertajuk “The 6th Canta Al Mar 2017-Festival Coral International” yang berlangsung pada 23 – 28 Oktober 2017 di Calella, Barcelona, Spanyol lalu.
Tim vokal grup ini berhasil unggul diantara 33 kelompok paduan suara dari 20 negara diantaranya Estonia, Islandia, Swedia, Jerman, Afrika Selatan, Norwegia dan Filipina. Kontingen Vocademia UI berjumlah 18 orang,  diketuai oleh A.G.Sudibyo yang merupakan Kasubdit Pengembangan dan Pemberdayaan Seni Budaya UI.
Dalam ajang tersebut, Vocademia UI membawakan dua buah lagu Papua yaitu Apuse dan Tanah adalah Ibu Kami. Selain itu, membawakan pula rangkaian lagu pop yakni Medley Side to Side (Ariana Grande) & I Know What You Did Last Summer (Shawn Mendes), Writing’s on the Wall (Sam Smith), Sugar (Maroon 5) hasil aransemen Music Director dan Arranger Ismi Halida dan Ronald Wilson, S.T.
“Pada Grand Prix Final, 28 Oktober 2017, Indonesia melalui Vocademia UI berhasil memenangkan persaingan ketat dengan vokal grup dari Islandia. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari harmonisasi, keunikan lagu Indonesia dan kekompakan tim serta aransemen apik yang ditampilkan,” ujar Kepala Kantor Komunikasi UI Rifelly Dewi Astuti.
Ia menerangkan Vocademia UI merupakan vokal grup yang terdiri atas mahasiswa, alumni dan dosen dari UI yang didirikan secara resmi tahun 2013. Vokal grup ini berakar dari festival Bintang Pop UI yang diselenggarakan setiap tahunnya.
UI menemukan sejumlah talenta-talenta musik terbaik dari Bintang Pop tersebut, dan kemudian mengembangkannya melalui festival dan kompetisi di tingkat nasional, maupun internasional. Pada dua tahun sebelumnya, Vocademia UI juga berhasil menorehkan prestasi dengan meraih Gold Medal pada ajang 11th Busan Choral Festival & Competition yang berlangsung di Korea Selatan.
“Pihak UI memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi para mahasiswanya untuk mengembangkan minat dan bakatnya tidak hanya dalam cakupan akademik melainkan juga di bidang seni-budaya maupun olahraga,” ucapnya.
Menurutnya pencapaian Vocademia UI di tingkat Internasional menjadi bukti bahwa mahasiswa mampu menyeimbangkan kemampuan akademik dengan talentanya di bidang musik dan semuanya dapat berjalan beriringan.
“Diharapkan para lulusan UI mampu senantiasa mengharumkan nama Indonesia melalui karyanya dan senantiasa mengembangkan talenta yang dimiliki untuk kemajuan.(mia)