DepokNews- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengingatkan, pesantren rentan akan penularan Covid-19, sehingga perlu kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan.

Hal tersebut sesuai dengan tema Peringatan Hari Santri Nasional 2020, yang mengusung ‘Santri Sehat Indonesia Kuat.’

“Pesantren rentan akan penularan Covid-19. Untuk itu, protokol kesehatan perlu ditingkatkan. Jika santri sehat, Indonesia akan kuat,” kata Ridwan Kamil, saat sambutan dalam upacara Hari Santri Nasional di Gedung Sate yang juga diikuti seluruh Kabupaten/ Kota se Jawa Barat melalui virtual, Kamis (22/10).

Dijelaskannya, model komunikasi antar santri yang tidak berjarak, menjadi budaya islami yang khas. Kendati demikian, di tengah pandemi global yang saat ini melanda, pihaknya meminta seluruh santri untuk mematuhi protokol kesehatan.

“Kami yakin, santri dan keluarga bisa melewati ini semua. Kedisiplinan dalam penerapan protokol kesehatan merupakan ikhtiar bersama, agar pandemi ini segera berakhir.” ungkapnya.

Senada dengan itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Depok Hardiono yang saat itu juga mengikuti upacara secara virtual mengatakan, saat pandemi Covid-19, santri juga turut berperan untuk melakukan pencegahan. Salah satunya, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

“Santri juga bisa mendoakan seluruh bangsa Indonesia khususnya, agar pandemi ini segera berakhir. Selain, ikhtiar kita untuk dijauhkan dari virus Covid-19 ini,” tandasnya.(mia)