DepokNews – – Menjadikan Sungai Citarum sebagai salah satu objek prioritas, paslon ASYIK usung program ‘Citarum Harum’.

“Untuk Citarum Harum, kami memiliki tiga langkah strategis, yakni struktural, non struktutural, dan kultural,” ujar Syaikhu dalam momen penanaman pohon secara simbolik di bantaran sungai Citarum di Kampung Rongga, Kecamatan Cihampelas, pada Selasa (20/3/2018).

Penanaman pohon tersebut dilakukan bersama perwakilan partai pengusung Wilayah Kabupaten Bandung Barat yakni PKS, Gerindra, PAN, dan PBB beserta Pimpinan Muhammdiyah Kabupaten Bandung Barat serta masyarakat sekitar

Lebih lanjut, Syiakhu menjelaskan 3 langkah strategis yang dimaksud. Yang pertama ialah strktural.

“Untuk langkah pertama yakni struktural ialah dengan cara embuat tanggul sungai secara optimal, normalisasi aliran sungai dengan mengurangi sedimentasi, dan pembuatan drainase di sepanjang jalan di Citarum,” terang Syaikhu yang merupakan Cawagub Pasangan ASYIK nomor 3.

Sedangkan untuk langkah non struktural, lanjut Syaikhu, caranya dengan cara membuat sumur resapan dengan kebijakan zero run off. Kemudian dilanjutkan dengan pembuatan water treatment oleh perusahaan penghasil limbah, dan mengawasi pembuangan limbah.

“Untuk yang terakhir segi kultural. Caranya dengan membangun budaya membuang sampah pada tempatnya dan menjadikan sungai sebagai wajah pemukiman,” terang calon Wakil Gubernur Jawa Barat ini.

Syaikhu menjelaskan lebih lanjut, hal tersebut dilakukan sebagai tanda kepedulian serta bentuk komitmen akan meneruskan program Citarum Harum.

“Citarum ialah sumber kehidupan masyrakat Jawa Barat,” pungkas Syiakhu.