Usai Dilantik 33 Panwascam Langsung Ikuti Bimtek

Posted on 28 views
DepokNews- Setelah melalui beberapa tahapan, 33 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kota Depok dilantik, Rabu (25/10). Selain itu, fakta integritas juga diberikan agar Panwascam mengerti akan tugas dan kewajibannya.
Ketua Panwaslu Kota Depok, Dede Selamet Permana menjelaskan isi fakta integritas itu antara lain tidak akan korupsi, tidak bermain-main dengan anggaran, dapat melaksanakan tugas dengan sepenuh hati dan siap diganti atau diberi sanksi apabila mereka terbukti melakukan pelanggaran.
“Anggota Panwascam dipercaya sebagai alat negara, mengelola anggaran negara yang jumlahnya terbilang cukup besar,” jelas Dede.
Dede juga berharap, para Panwascam yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dengan penuh tanggungjawab, mengikuti arahan dan prosedur, tidak main-main karena tanggungjawabnya kepada bangsa, Negara serta dunia akhirat.
Ia menambahkan, bahwa setelah dilantik anggota Panwascam akan melakukan pleno untuk menentukan siapa yang nantinya menjadi ketua di masing-masing kecamatan, pembagian divisi, membentuk sekretariat, membentuk PPL dan langsung bertugas mengawal tahapan yang sedang berlangsung.
“Setelah dilantik, mereka juga akan mengikuti bimtek sampai hari Jumat. Adapun narasumbernya Ketua Bawaslu Provinsi Jawa Barat, Kapolres dan Kajari,” terangnya.
Dikatakannya, dari 33 anggota Panwascam yang dilantik merupakan perpaduan antara wajah baru dan muka lama.
“Mereka yang dilantik juga telah menyelesaikan beberapa tahapan seperti admistrasi berkas, tes tertulis, tes wawancara, tes urine termasuk adanya surat keterangan sehat rohani,” ungkapnya.
Dede melanjutkan, sesuai dengan amanat yang diberikan pada Panwaslu Kota Depok oleh Banwaslu Provinsi yang melanjutkan amanat dari Banwaslu RI sebagai struktural pengawasan di tingkat kecamatan. Saat ini panwaslu memiliki tugas dan tanggungjawab yang besar, karena melaksanakan dua pemilihan yang hampir bersamaan. Yakni Pilgub Jabar dan sambil mengawasi Pileg serta Pilpres yang sudah dimulai beberapa waktu lalu.
“Dua hajat ini berbeda karakteristik, sehingga anggota akan langsung mengikuti bimtek selama tiga hari. Dengan modul dan nara sumber yang sudah dipersiapkan,” tutup Dede.(mia)