DepokNews–Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Puskesmas Pancoran Mas Adakan Pertemuan Wisuda Imunisasi Dasar Lengkap (IDL). Kegiatan tersebut berlangsung di Pendopo Kecamatan Pancoran Mas, 21 Oktober 2019

Menurut Kepala UPTD Puskesmas Kec. Pancoran Mas drg. Rr. Ambar Hardiani Widjajanti, kegiatan Wisuda IDL merupakan suatu bentuk apresiasi untuk balita yang telah lulus imunisasi dasar lengkapnya, yang tujuannya meningkatkan kesadaran kepada orang tua dalam memenuhi salah satu hak kesehatan anak dalam menerima imunisasi.

Kegiatan ini diikuti 80 anak balita yang sudah imunisasi dasar lengkap. Orang tua (ayah dan ibu ) pun sangat antusias mengantarkan anak balita nya untuk hadir diacara tersebut dan tak luput dukungan dari berbagai pihak baik dari Pak Camat, Pak Lurah, Ketua TP.PKK Kelurahan dan Kecamatan, Ketua Pokja 4, Ketua FKKS, Ketua Posyandu dan Kader-kader pendamping yang sangat luar biasa mendampingi para orang tua dan anak balitanya.

Kegiatan ini merupakan kegiatan pertama yang dilakukan oleh Puskesmas. “Setiap bayi yang sudah di imunisasi dasar lengkap Kami berikan penghargaan berupa kalung IDL dan sertifikat LULUS Imunisasi Dasar Lengkap,” kata drg. Rr. Ambar Hardiani Widjajanti.

Dijelaskan drg. Rr. Ambar Hardiani Widjajanti, imunisasi adalah cara memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga kebal terhadap penyakit baik itu bakteri, virus, jamur, parasite.Maka dengan imunisasi dapat melindungi anak dari berbagai resiko penyakit di masa yang akan datang dan mencegah penularan penyakit ke orang lain.

Mendapatkan imunisasi juga dapat diberikan secara Cuma-Cuma (Gratis), caranya pun mudah, cukup datang ke pusat layanan kesehatan (RS, Klinik, Puskesmas, Posyandu).
Pesan penting kami “Lebih baik mencegah daripada mengobati” tak perlu lagi ada yang dikhawatirkan baik dari jenis vaksinasi dan efek sampingnya. Vaksin sudah teruji secara klinis sehingga aman, efektif dan minim resiko.

Ingatlah selalu jika manfaat imunisasi akan jauh lebih besar ketimbang resiko efek sampingnya.

Camat Pancoran Mas, Utang Wardaya menyampaikan kegiatan wisuda IDL ini perlu dorongan dari orang tua karena imunisasi merupakan salah satu program pemerintah untuk meningkatkan kesehatan masyarakat secara menyeluruh dalam bidang pembangunan kesehatan sehingga menghasilkan generasi-generasi yang sehat dan unggul.

“Program ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat dan supaya bisa berjalan maksimal harus ada dukungan dari para orang tua” kata Utang Wardaya.

Sedangkan Seksi P3M Dinkes Depok Windra Aryeni menyampaikan bahwa kegiatan wisuda IDL ini harapannya kedepan acara ini bukan acara yang terjadi pertama dan yang terakhir akan tetapi berlanjut hingga keposyandu.

“Semoga kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut,” kata Windra Aryeni.