UPT Puskesmas Sawangan Bersama KUA Buka Layanan Kursus Calon Pengantin

DepokNews — Pentingnya momen sakral dan bahagia ketika menjadi pengantin, membuat Unit Pelaksana Teknis (UPT) Puskesmas Sawangan bekerjasama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sawangan coba memfasilitasi mereka yang ingin menikah dengan Kursus Calon Pengantin (Suscatin), seperti yang dilansir depok.go.id

Kepala UPT Puskesmas Sawangan, Elin Herlina mengatakan, Suscatin ditujukan guna menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB), serta menekan penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS) dari pasangan masing-masing. Untuk pelaksanaan Suscatin, diadakan di KUA Kecamatan Sawangan dengan materi, seputar kesehatan reproduksi kepada calon pengantin.

“Kami membekali calon pengantin dengan pengetahuan seputar kesehatan reproduksi, karena hal ini penting bagi para pengantin yang akan memulai mahligai rumah tangga,” jelas Elin yang ditemui di Puskesmas Sawangan, kemarin.

Dirinya menambahkan, selain pengetahuan seputar kesehatan reproduksi, para calon pengantin juga diterangkan mengenai serba serbi kehamilan, vaksin apa saja yang harus diberikan saat sebelum menikah, serta hal-hal apa saja yang harus diperhatikan dalam menjaga kesehatan keluarga.

“Kesehatan keluarga penting diketahui istri, untuk itu sang istri harus diberi pengetahuan yang cukup agar jika ada anak atau suaminya sakit, tidak perlu khawatir berlebihan. Pemahaman untuk menjaga kesehatan saat usia kehamilan juga penting,” tambahnya.

Elin mengimbau, kepada seluruh calon pengantin dapat mengikuti kegiatan ini, guna mengetahui tingkat kesehatan calon pengantin sebelum menghadapi jenjang hidupnya bersama pasangan.

“Kegiatan seperti ini banyak memberikan manfaat, jadi diharapkan seluruh calon pengantin bisa mengikutinya dengan baik,” tutupnya.